Sejarah Perjalanan Smartphone Nexus, dari Nexus One Hingga Nexus 6

nexus-one-nexus6

infogadgets.info – Bagi Anda pengguna Android setidaknya tahu dong dengan smartphone dengan brand Nexus.

Nexus merupakan perangkat hasil kerja sama Google dengan pabrikan smartphone yang dihadirkan untuk mengawali tonggak versi terbaru dari sistem operasi Android. Jadi, di smartphone Nexus lah biasanya sistem operasi versi terbaru Android mendarat untuk pertama kalinya.

Saat ini kita sudah disuguhi smartphone Nexus 6 yang belum lama ini diperkenalkan Google bersamaan dengan dirilisnya sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Jika menilik ke belakang, sebelum Nexus 6 juga terdapat jajaran smartphone Nexus lain yang telah lebih dahulu hadir di pasaran. Apa saja, yuk mari kita lihat, ini dia daftar smartphone Nexus dari versi pertama hingga versi keenam.

1.    Nexus One
Nexus One, merupakan smartphone hasil garapan HTC dan Google yang diumumkan pada 5 Januari 2010. Smartphone ini hadir mengusung sistem operasi Android 2.1 Éclair. Secara spesifikasi Nexus One datang dengan layar AMOLED berukuran 3.7 inchi (800 x 480 piksel) plus ditenagai oleh prosesor Qualcomm berkecepatan 1GHz dan memiliki RAM 512MB. Fitur konektivitas yang disajikan mencakup 3G HSPA (7.2Mbps), Bluetooth, dan Wi-Fi.

Tidak seperti smartphone yang hadir saat ini, Nexus One ketika dipasarkan pada waktu itu hanya menyematkan kamera belakang dengan resolusi 5 MP tanpa kamera belakang. Pun demikian, smartphone ini terbilang cukup popular ketika itu.