Qualcomm Diduga Gandeng Asus Kembangkan Ponsel Gaming Sendiri

Qualcomm Snapdragon

infogadgets.info – Dalam sebuah acara pada 1-2 Desember 2020 mendatang, Qualcomm dikabarkan akan merilis chip terbaru Snapdragon 875 juga berencana mengungkapkan smartphone gaming garapannya. Ponsel ini dikembangkan bersama dengan merek Asus, tapi detail informasinya masih minim.

Mengutip laman GSM Arena, Rabu, 7 Oktober 2020, Qualcomm juga kabarnya sudah membuat papan desain referensi, tapi itu hanya mesin benchmark yang dimaksudkan untuk memamerkan keterampilan chipset terbaru.

Asus memiliki lebih banyak pengalaman dengan elemen penting yang menjadikan ponsel gaming seperti apa, mulai dari tampilan dengan kecepatan refresh tinggi, pendinginan yang ditingkatkan, baterai yang lebih besar, kontrol kustom yang berpotensi, dan banyak lagi. Selain itu, ponsel akan mendapatkan keuntungan dari branding Republic of Gamers (ROG).

Agaknya, kemitraan ini dimulai sebelum Nvidia mengumumkan mengakuisisi ARM, tapi sekarang tampaknya menjadi lebih penting. Spekulasi lain juga menyebutkan bahwa pembuat GPU akan menjatuhkan Mali demi desainnya sendiri, yang datang dengan merek GeForce yang berharga. Qualcomm akan mendapatkan keuntungan dari ponsel gaming yang mempromosikan seri GPU Adreno yang bersaing.

DigiTimes mengatakan Qualcomm dan Asus berharap bisa memproduksi sekitar 1 juta unit per tahun. Setengahnya akan berada di bawah merek Qualcomm, sedangkan 500.000 unit sisanya akan menjadi ponsel ROG. Keduanya mungkin akan menghindari persaingan secara langsung sebisa mungkin, jadi ROG Phonr berikutnya mungkin tidak akan dijual di mana versi Qualcomm tersedia, begitu juga sebaliknya.

Sementara spekulasi saat ini, acara akhir tahun itu hanya akan mengungkap Snapdragon 875, chip 5nm yang akan menjadi yang pertama menggunakan inti Cortex-X1 berkinerja tinggi baru.