Punya Hape Harus Bayar Pajak ? Ini Penjelasannya !

infogadgets.info.id – Gara-gara cuitan dari akun Twitter @DitjenPajakRI yang menampilkan gambar hape disertai tulisan ‘HP Baru ? Jangan lupa tambahkan di kolom harta SPT Tahunan PPh 2017’ , sontak saja membuat kehebohan di dunia maya. Banyak netizen yang menyangka hape yang mereka beli atau punya wajib dibayar pajaknya. Apakah memang seperti itu ?

Hal itu juga dipertanyakan oleh akun twitter @elfianwidy, melalui cuitannya yang me-reply cuitan  @DitjenPajakRI. @elfianwidy menanyakan : ‘Bukannya ketika barang elektronik import ketika beredar di wilayah RI sudah dibebankan pajak ketika kita membeli ??’

Akun @DitjenPajakRI pun menjawab pertanyannya tersebut : ‘Iya Kak. Perlakuan di SPT Tahunan hanya mengisi kolom harta, tidak ada tambahan pembayaran pajak lagi’. Dari jawaban ini sudah terjawab, sekaligus klarifikasi @DitjenPajakRI bahwa tidak ada pajak yang dibebankan lagi kepada pengguna hape. Mereka hanya diminta mengisi jenis harta hape saat pelaporan pajak.

Namun ternyata, klarifikasi ini justru menimbulkan pertanyaan lanjutan, apakah semua jenis hape yang dimiliki harus dilaporkan ke laporan pajak ? Termasuk hape yang berhara murah ? Dan banyak netizen yang menanyakan hal itu. Sayangnya sampai berita ini dibuat belum ada lagi jawaban dari @DitjenPajakRI.

Duh..bikin heboh aja !