Pilih Smartphone, Tablet atau Phablet?


Phablet-Comparison

infogadgets.info – Permintaan banyak dari para pengguna gadget menyebabkan terciptanya tiga kategori yang akhirnya diproduksi oleh para vendor perangkat mobile. Menyadari hal tersebut, beberapa perusahaan teknologi dan produsen elektronik serta gadget pun akhirnya menawarkan banyak versi yang berbeda dari bentuk perangkat. Perangkat tersebut dibuat dalam ukuran kecil, sedang atau besar, yang terbari atas perangkat ponsel/smartphone, phablet dan tablet yang akhirnya hadir di pasaran.

Ponsel atau smartphone memang kita ketahui sudah lama hadir dipasar, kemudian dilanjutkan dengan perangkat tablet yang dipelopori oleh iPad menjadi booming pada saat itu. Dan dalam beberapa tahun terakhir, perangkat mobile telah muncul yang disebut dengan phablet. Sebuah persilangan antara smartphone dan tablet ini cepat dihgandrungi pengguna gadget, yang akhirnya memaksa banyak vendor ikutan membuatnya.

Pada dasarnya ketiga perangkat ini memiliki fungsi yang sama. Perbedaan terbesar adalah dari ukuran perangkat yang berbeda yang diikuti dnegan ukuran layar yang berbeda pula.

Namun masalahnya kini, bagi Anda yang sedang bingung memilih antara ketiganya, perangkat seperti apakah yang anda butuhkan?

1. Ponsel/Smartphone:

memiliki ukuran terkedil diantara ketiga kategori, Smartphone memiiki kisaran antara 3 sampai 5 inci. Kegunaannya yang super portabel, memiliki daya tahan baterai yang baik serta kemampuannya mengambil foto dan video di mana saja membuatnya banyak digemari oleh pengguna yang sangat mobile karena mudah dibawa dalam tas atau saku.

smartphones_rect

Dengan portabilitas yang dimilikinya, smartphone mengorbankan ukuran layar. Cocok untuk mengambil gambar dan video, tetapi sayang, kurang mendukung untuk menonton mereka yang hobi nonton. Tidak hanya itu tampilan virtual keyboard yang kecil membuat orang dewasa yang memiliki jari yang relative besar akan kesulitan mengetik. Apalagi saat menerima email, smartphone hanya dapat menampilkan teks yang kecil, meski Anda masih dapat memperbesarnya, namun kesulitan akan membacanya pasti akan ditemui pada perangkat ini.

2. Tablet

Memiliki ukuran yang terbesar dari tiga perangkat, layar tablet berkisar antara 7- sampai 11 inci. Meski lebih kompak dibanding laptop, namun ukurannya lebih besar dibandingkan smartphone. Dengan ukuran layarnya yang besar, penggunaan terbaik dari perangkat ini adalag untuk membaca, menonton film/TV/video, browsing internet, membuat panggilan telepon video dan menulis email, teks serta bermain pada aplikasi game. Dengan layar yang lebih besar, menonton acara favorit seperti di Netflix atau YouTube.

tablets-pile

Namun dengan bentuknya yang besar, pasti membuat Anda akan canggung untuk menahan tablet untuk mengambil gambar dan video dari sebuah objek, bukan!

3. Phablet

Phablets adalah perangkat antara smartphone dan tablet. Berada di kisaran layar antara 5 sampai 7 inci, phablet bisa menjadi pilihan untuk pengguna yang terllau besar dengan tablet atau terlalu kecil sengan smartphone.

data-phablets-02-2014

Phablet sempurna adalah jika Anda sedang di perjalanan, ingin menonton video atau mengambil video. Pengguna phablet dapat melihat email dan teks dengan nyaman, dengan keyboard virtual yang lebih besar dari ukuran smartphone. Phablet mungkin menjadi solusi bari Anda sedikit memerlukan portabilitas dan kenyamanan dalam penggunaan. Sayangnya meski terbilang portable, Phablet tidak bisa dibawa dengan nyaman di saku.

Jadi apapun perangkat pilihan Anda, pastikan untuk memilih perangkat sesuai dengan kebutuhan. Apakah perlu layar besar dengan portabilitas yang kurang, atau portabilitas yantg mengurangi tingkat kenyamanan.