Permintaan Stagnan, Tablet Dual-OS Akan Bertebaran

Ilustrasi: ViewSonic ViewPad 10 Pro
Ilustrasi: ViewSonic ViewPad 10 Pro

infogadgets.info – Guna merangsang permintaan tablet yang telah mengalami stagnasi, sejumlah vendor tablet di China akan menawarkan tablet dual-OS Windows/Android. Demikian informasi yang Mediatren peroleh via situs berita DigiTimes yang berbasis di Taiwan.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa dengan subsidi yang disediakan oleh Intel dan Microsoft untuk tablet berbasis Windows untuk menyerap harga penjualan, vendor white-box di China berharap model baru yang mereka keluarkan akan mampu untuk mendongkrak penjualan.

Selain vendor white-box (tanpa brand), sejatinya vendor tablet yang sudah memiliki nama besar di pasar, seperti Samsung dan Asus juga telah tertarik untuk mengembangkan tablet dengan dual-OS. Namun demikian, vendor dengan nama besar tersebut tidak dapat melakukannya, lantaran kurangnya dukungan dari Google.

Terkait dengan melemahnya permintaan tablet di tahun 2015, sudah diprediksi sebelumnya oleh Gartner. Seperti diungkap oleh Ranjit Atwal, salah seorang direktur di Gartner, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab merosotnya permintaan tablet, salah satunya adalah siklus hidup tablet yang kini bisa diperpanjang, selain kurangnya inovasi terutama di sektor hardware untuk tablet itu sendiri.

“Dalam dua tahun terakhir penjualan tablet global telah mengalami pertumbuhan dalam dua-digit. Penurunan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah umur pemakaian tablet yang bisa diperpanjang. Faktor lain termasuk kurangnya inovasi dalam hardware yang membuat konsumen menahan diri untuk melakukan upgrade,” demikian kata Ranjit Atwal, seperti dilansir situs resminya.

Secara singkat, Gartner dalam laporannya menyatakan bahwa penjualan tablet akan terus melemah tahun ini.

Sejurus dengan Gartner, berdasarkan data yang dikeluarkan IDC untuk penjualan tablet disebut bahwa Apple kembali menjadi vendor tablet terbesar seiring dengan penurunan pasar tablet. Apple dalam laporan IDC berhasil mengapalkan 12,6 juta iPad pada kuartal pertama 2015 dan berhasil meraih 26,8% pengsa pasar tablet global. Apple tetap berada di posisi teratas dengan penurunan 22,9% dibanding dengan pengapalan tablet pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Secara detail, lima vendor tablet terbesar bedasarkan pangsa pasarnya di Q1 2015, diduduki oleh Apple (26,8%), Samsung (19,1%), Lenovo (5,3%), Asus (3,8%), dan LG (3,1%). Dari data tersebut, empat vendor teratas, secara umum memang mengalami penurunan pangsa jika dibanding tahun sebelumnya. Hanya LG yang terlihat mengalami peningkatan pangsa pasar, di mana pada Q1 2014 tercapture hanya meraih 0,2% pangsa pasar, pada Q1 2015 vendor asal Korea Selatan ini berhasil meraih 3,1% dengan pertumbuhan tahun ke tahun yang mencapai 1423,7%.

Berikut daftar lengkap pengiriman, pangsa pasar, dan pertumbuhan pasar tablet di Q1 2015 dari IDC.

rank-tablet-vendor[Joe]