Pengiriman Smartphone 4G LTE Bakal Meningkat Tiga Kali Lipat di 2015

BBpass_0
Ilustrasi: BlackBerry Passport

infogadgets.info – Era 4G LTE bakal siap menyambangi banyak negara, termasuk Indonesia yang kemungkinan juga akan mengadopsi teknologi itu tahun depan.

Seiring dengan meluasnya penerapan jaringan 4G LTE, maka penjualan perangkat yang support jaringan tersebut pun akan ikut terdongkrak.

sponsored

Mengulik pernyataan pengamat industry sebagaimana dilansir DigiTimes, pengiriman smartphone 4G LTE diperkirakan bakal meningkat lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2015. Secara persentase, smartphone 4G LTE akan menyentuh angka 50% dari total pengiriman smartphone global.

Sejalan dengan itu, menurut data yang dikeluarkan ABI Research, jumlah jaringan komersial LTE akan mencapai angka 350 pada akhir tahun 2014 ini. Sementara pengiriman smartphone LTE akan mencapai 680 juta unit pada tahun 2015. Angka tersebut, jauh lebih besar ketimbang perkiraan total pengiriman smartphone LTE pada tahun 2014 yang diestimasi mencapai 204 juta unit.

Selain peningkatan jumlah pengiriman, harga smartphone LTE juga akan alami penurunan lebih cepat dari yang diperkirakan. Hal itu menurut pengamat tadi, lantaran sengitnya persaingan antara pemasok chipset, seperti Qualcomm, MediaTek, Marvell Technology, dan Spreadtrum Communications.

Menurut catatan pengamat industri yang tak disebutkan namanya itu, begitu banyak model smartphone LTE yang diluncurkan oleh vendor yang berbasis di China datang dengan spesifikasi hardware tinggi namun memiliki harga retail di bawah 1.000 Yuan (163 USD), bahkan ada yang di bawah 499 – 599 Yuan. [Joe]