Mirip iPhone X, Spesifikasi Oppo R15 Pakai Snapdragon atau MTK?

Spesifikasi OPPO R15 akan gunakan antara Snapdragon 670 atau MTK Helio P60

Setelah Asus Zenfone 5 dan beberapa hp lain yang mirip iPhone X, kini giliran Oppo R15 yang disebut-sebut bakal memiliki bodi yang mirip hp baru dari Apple tersebut. Lalu apa spesifikasi OPPO R15?

spesifikasi oppo r15Meski masih sebatas rumor, namun kabar ini sudah mencuat dari beberapa waktu yang lalu. Kabar yang dimulai dari poster yang menggambarkan tampak produk ini, memperlihatkan layar penuh dengan bagian atas terdapat sedikit ‘notch’ mirip iPhone X.

sponsored

Tidak hanya sebah poster, Oppo R15 juga mumcul di situs media sosial di tiongkok. dilansir dari Gizmochina hp ini nampaknya bakal hadir dengan tiga warna, hitam, pink, dan ungu. Secara horizontal Dari foto yang tersaji juga terlihat, hp akan dibekali fitur dual-camera yang diracik secara sejajar secara horizontal.

Baca Juga: Makin “Pede”, Xiaomi Tantang Samsung, Oppo dan Vivo

Snapdragon 670

Oppo R15 diberitakan akan memiliki dua versi, yakni Oppo R15 dan R15 Plus. Kedua hp ini diklaim sudah menerima sertifikasi 3C di Tiongkok. Kedua hp ini kemungkinan merupakan penerus dari R11 dan R11 Plus. Jika pada produk Oppo R11 dan R11 Plus diotaki dengan prosesor Snapdragon 660, kemungkinan generasi penerusnya, Oppo R15 bisa jadi akan mengusung chip Snapdragon 670.

MediaTek Helio P60

Namun begitu ada pula yang bependapat lain. dengan peluncuran proesor baru MediaTek Helio P60  di MWC 2018, rumor soal OPPO R15 kembali berkembang. Meski pada kesempatan tersebut, MediaTek masih terkesan enggan memberitahukan merek ponsel mana saja yang akan menggunakan chipset buatan mereka. Selang beberapa hari, kabar tentang hp yang bakal mengadopsi Helio P60 muncul di akun Twitter @MMDDJ_. Akun ini mengklaim bahwa OPPO R15 nantinya akan jadi perangkat Android yang mengusung prosesor MediaTek Helio P60.

spesifikasi oppo r15Produsen hp asal Tiongkok tersebut rupanya memandang adopsi prosesor yang sama pada ponsel penerusnya bukan merupakan langkah yang tepat. Terlebih Qualcomm masih belum pula mengumumkan prosesor penerusnya akan menyandang nama Snapdragon 670.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Oppo A83 di Indonesia

Kian dekatnya tanggal peluncuran dari Oppo R15, maka banyak meng berspekulasi bahwa R15 akan mengunakan MediaTek Helio P60.

Antara Snapdragon 660 dengan Helio P60 sejatinya memiliki performa dan kinerja yang sebanding. Hasil tes benchmark menunjukkan adanya kemiripan skor antara keduanya. Namun penggunaan chip dengan proses fabrikasi 12nm mampu menghasilkan peningkatan dari sisi performa dan pengelolaan daya yang lebih baik ketimbang proses 14nm pada prosesor buatan Qualcomm.

Helio P60 diprediksi bakal mengonsumsi lebih hemat daya. Selain itu dengan pengelolaan yang dapat dioptimalkan lebih lanjut, Helio P60 mungkin akan menyediakan performa yang lebih unggul dibanding Snapdragon 660.