Setahun Covid-19, Ini Kata Kunci Paling Dicari di Google Search

Google Search Covid-19

infogadgets.info, Jakarta – Google membagikan laporan mengenai kilas balik pencarian terpopuler di Google Search. Mengangkat topik Covid-19 atau virus corona, Google Search mengungkapkan bahwa kata kunci “Update Virus Corona” menjadi kata yang paling banyak dicari di platform.

Melalui konferensi pers virtual pada Kamis (25/2/2021), Data Editor Google News Lab, Simon Rogers, menjelaskan bahwa Google mengkaji data di mesin pencarian mereka sejak 1 Januari 2020 sampai dengan 31 Januari 2021.

“Laporan yang disusun Google ini mengacu pada kata kunci yang dicari masyarakat dunia selama pandemi virus corona mulai dari 1 Januari 2020 hingga 31 Januari 2021,” tutur Rogers.

{Baca juga: 10 Game Google Chrome 2021, Bisa Main Tanpa Internet}

Hasilnya, informasi apapun mengenai pandemi virus corona banyak dicari oleh masyarakat. Bahkan minat penelusuran mengenai Covid-19  mengalahkan penelusuran mengenai topik lainnya, seperti kondisi cuaca.

“Minat penelusuran untuk virus corona melebihi minat penelusuran mengenai cuaca,” sambung Rogers.

Rogers pun merilis 10 kata kunci terkait Covid-19 yang paling banyak dicari masyarakat dunia di Google Search. Di posisi pertama adalah kata “Update Virus Corona” yang berkaitan dengan informasi terbaru mengenai kasus pandemi.

“Update virus corona berada di posisi pertama dalam daftar 10 tren penelusuran Covid-19 disusul informasi lain seperti gejala virus, berita virus serta vaksin,” jelas Rogers.

Berikut ini daftar 10 tren penelusuran Covid-19 di Google Search:

  • Update virus corona
  • Gejala virus corona
  • Berita virus corona
  • Worldometer virus corona
  • Statistik virus corona
  • Peta virus corona
  • Vaksin virus corona
  • Kasus virus corona
  • Korban jiwa virus corona
  • Virus corona CDC

Tren Penelusuran Seputar Covid-19 di Indonesia 

Pada kesempatan yang sama, Rogers juga merilis mengenai 7 pertanyaan yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia di Google Search selama setahun terkait virus corona.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mencari mengenai apa itu virus corona. Rogers menjelaskan banyak masyarakat Indonesia mencari jawaban seputar Covid-19, mulai dari gejala penyakit, cara mencegah, hingga situasi terkini mengenai pandemi.

Google Search Covid-19
Data Editor Google News Lab Simon Rogers

“Sejak tahun lalu banyak masyarakat Indonesia yang mempelajari tentang virus corona seperti gejala virus, bagaimana penyebarannya, pencegahan agar tidak terinfeksi virus. Lalu ada juga yang mencari  kabar terkini seputar virus corona di Indonesia” kata Rogers.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru 2021}

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini 7 pencarian seputar Covid-19 yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia di Google Search:

  • Apa itu virus corona?
  • Kapan corona berakhir?
  • Cara mencegah virus corona?
  • Cara penyebaran virus corona?
  • Apa penyebab virus corona?
  • Bagaimana awal penyebaran virus corona?
  • Apa gejala virus corona?

Kata Kunci Terpopuler di Berbagai Negara 

Google Search juga merilis mengenai 4 kata kunci mengenai Covid-19 terpopuler di berbagai negara. Ada 4 kata kunci terpopuler, yakni virus corona, pengangguran, vaksin, dan masker.

Terdapat beberapa negara yang banyak mencari kata kunci-kata kunci tersebut seperti Jerman, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab dan Hong Kong. Selain itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar untuk kategori kata kunci “Masker”.

{Baca juga: Pertanyaan “Why” Dominasi Google Search Sepanjang 2020}

Tidak hanya Jerman, Amerika Serikat, dan Indonesia saja, terdapat beberapa negara lain yang masuk dalam peringkat negara untuk kata kunci pencarian terbanyak terkait Covid-19. Berikut rinciannya:

  Virus CoronaPengangguran    VaksinMasker
1JermanAmerika SerikatUni Emirat ArabHong Kong
2NepalUruguayBrasilSingapura
3AustriaSpanyolIrlandiaPrancis
4QatarYunaniPanamaAmerika Serikat
5SwissPrancisPeruKanada
6ItaliaIsraelIsraelPortugal
7OmanRomaniaItaliaTurki
8Uni Emirat ArabThailandArgentinaRomania
9SpanyolBrasilRomaniaIndonesia
10IrlandiaBelgiaInggris RayaInggris Raya

 

Semua yang dilaporkan Google Search menunjukan bahwa pandemi Covid-19 menjadi perhatian masyarakat dunia termasuk Indonesia. (NM/MF)

Previous articleCara Install Windows 7 Pakai CD atau Flashdisk, Tips Terlengkap!
Next articleTips Penguat Sinyal WiFi, Internet Kencang Jadi Gak Ngelag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here