INSPERA, Jadi Bentuk Konsistensi Indosat Ooredoo Berdayakan Perempuan Indonesia

infogadgets.info.ID – Bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional 2018, Indosat Ooredoo menegaskan terus memberdayakan perempuan Indonesia yang diimplementasikan melalui salah satu pilar program CSR-nya yang berfokus pada perempuan yang disebut INSPERA (Inspirasi Perempuan Indonesia).

INSPERA berfokus pada program pemberdayaan perempuan dengan tujuan utama untuk meningkatkan jumlah perempuan yang bisa mengakses internet dan teknologi digital dalam rangka meningkatkan kualitas hidup mereka.

sponsored

Program INSPERA sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia nomor 5 yaitu Gender Equality.

INSPERA diimplementasikan dalam beberapa program kegiatan antara lain Literasi Digital bagi Wanita Pedagang Pasar dan Wanita Purna TKI, mendukung Women Leadership Summit, program The 11th Indosat Ooredoo Wireless Innovations Contest (IWIC 11) – Women & Girls category, serta mendukung Pameran Kerajinan Kriyanusa Nusantara.

“Kami percaya bahwa perempuan memiliki peran penting dalam mencapai kemajuan suatu bangsa secara keseluruhan. Pemberdayaan perempuan akan meningkatkan peran mereka secara lebih signifikan, termasuk melalui pemanfaatan internet dan teknologi digital yang tidak hanya menjadi jendela informasi yang lebih luas, namun juga membuka berbagai manfaat dan peluang dari sisi ekonomi untuk perempuan. Kami berharap program INSPERA akan memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia melalui komitmen kami untuk meningkatkan jumlah perempuan Indonesia yang terhubung ke mobile internet menjadi 43% di tahun 2020,“ demikian disampaikan Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Literasi digital bagi kaum perempuan tidak hanya dilakukan melalui program pembinaan dan pelatihan, namun juga melalui program kompetisi digital tahunan The 11th Indosat Ooredoo Wireless Innovations Contest (IWIC), yang membuka kategori khusus untuk Women & Girls.

Program ini memfasilitas kaum perempuan untuk menyampaikan ide inovasi dan karya aplikasi dalam sebuah kompetisi, dimana sebanyak 556 peserta perempuan telah turut berkompetisi dalam ajang bergengsi ini.

Program Literasi Digital bagi Wanita Pedagang Pasar dan Wanita Purna TKI yang dilaksanakan di Sukabumi bagi para wanita pedagang pasar dan purna TKI, dengan memberikan pelatihan keterampilan kewirausahaan melalui pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran produk wirausaha mereka, termasuk bagaimana memanfaatkan e-commerce. Lebih dari 100 wanita dari desa-desa kantong TKI di daerah Sukabumi telah mengikuti dan menikmati manfaat dari program ini.