IBM Indonesia Gelar Partner Solutions Summit 2020

infogadgets.info.id – IBM Indonesia menggelar acara tahunan Partner Solutions Summit 2020 (18/11/2020) secara virtual di era new normal. Gelaran ini bertujuan untuk berbagi wawasan dalam meningkatkan bisnis para pelanggan dengan menggunakan teknologi IBM yang di kemas oleh partner-partner IBM di Indonesia.

Gelaran Partner Solutions Summit 2020 merupakan yang keempat kalinya dan pertama secara virtual. Ini bukti akan komitmen IBM dan ekosistem partner-nya dalam membantu pelanggan melakukan transformasi digital, melalui berbagai solusi yang memudahkan bisnis diatas teknologi IBM antaranya Cloud, Data, Security dan System.

Novan Adian, Country Manager Partner & Ecosystem mengatakan, “Pandemi Covid-19 memaksa perusahaan untuk lebih cepat melakukan transformasi digitalnya, untuk itu IBM percaya ekosistem partner memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu transformasi ini. Banyak perusahaan mempercepat upaya untuk memindakah beban kerjanya ke Cloud, dan untuk itu kami memerlukan partner-partner kami untuk berkreasi dan berinovasi dalam memenuhi permintaan bisnis yang terus berubah,”.

Sementara itu Tan Wijaya, Presiden Direktur IBM Indonesia menanggapi, “Adopsi cloud telah menjadi fitur utama dalam mengembangkan model bisnis baru yang digerakkan secara digital. Baru-baru ini hasil penelitian IBM Institute for Business Value menunjukkan bahwa hybrid multi-cloud menjadi sangat fundamental dalam pengembangan model operasional sebuah organisasi dalam membantu mereka mengawali langkahnya untuk menjadi Perusahaan Kognitif (Cognitive Enterprise) di masa depan. Lebih lanjut, Hybrid cloud memungkinkan peningkatan kinerja bisnis dengan ROI yang lebih besar. Saat ini kami sepenuhnya mengandalkan hybrid cloud karena teknologi ini aman, dapat dioperasikan dengan mudah, terbuka, dan bebas dari vendor lock-in.

Baca Juga: Temukan Bug iCloud Apple, Kelompok Hacker Ini Dihadiahi Rp 4,2 Miliar

Di Indonesia, IBM menggandeng beberapa partner andalan yang salah satunya adalah PT Metrodata Electronics Tbk dengan Digital Business Platform Solutions dan Metrodata Managed Service Security Provider yang dibangun diatas teknologi IBM, serta PT Sinergi Wahana Gemilang melalui inovasi solusi berbasis analisa data spasial untuk mengukur kesiapan “menuju new normal” sebagai platform Teknologi Informasi dalam mendukung penyebaran bantuan seperti masker dan alat medis yang dibangun menggunakan platform IBM Data & AI: IBM Cloud Pak for Data.

Sjafril Effendi, Direktur PT Metrodata Electronics Tbk menjelaskan, “Percepatan transformasi digital saat ini memicu kami untuk agile dalam menawarkan solusi-solusi digital yang juga merupakan 8 pilar Metrodata. Teknologi IBM mendukung kami mendukung Aplikasi Mobile Wallet dengan mengintegrasikan back end system yang dijalankan diatas platform integrasi IBM yang terlahir untuk mendukung semua transaksi yang sudah bergerak kearah digital (berbasis API), dan aplikasi ini bisa dikatakan sebagai salah satu realisasi dari sistem pembayaran berbasis API yang tengah dipersiapkan Bank Indonesia,”.

“Dan menunjang banyaknya kegiatan yang dilakukan di rumah, kami pun memiliki solusi “Managed Service Security Provider khusus untuk pelanggan Corporate & Small Medium Business dalam menjaga keamanan bisnisnya” imbuhnya.

Chandra Marita Sari, Presiden Direktur Sinergi Wahana Gemilang (SWG) menambahkan, “Sebagai Value Added Distributor IBM di Indonesia untuk IBM Hardware, Software maupun Services, kami sangat mendukung adanya berbagai inisiatif dan aktifitas bisnis pada berbagai sektor dan Industri. Tentunya dalam menjalankannya, SWG telah dan akan terus berkolaborasi erat dengan IBM Business Partner lain di Indonesia. Termasuk melakukan berbagai inovasi yang menginspirasi baik IBM Business Partner maupun pelaku bisnis di Indonesia dalam melakukan berbagai adopsi teknologi, sekarang dan di masa yang akan datang.”

Talenta Tepat Dalam Transformasi Digital

Teknologi yang mumpuni tidak dapat dijalankan tanpa talenta yang tepat dalam penerapannya. Untuk itu IBM Indonesia ditahun 2020 ini sebagai bentuk sumbangsih kepada bangsa, menggandeng Dicoding dalam mencetak talenta-talenta baru.

Kerjasama yang dimulai di akhir September 2020 ini menjaring lebih dari 17,000 pendaftar dan telah meluluskan 6,000 developer baru untuk Create Cognitive Applivations, Startin Programming with Python dan Machine Learning untuk Pemula.

Kerjasama dengan Dicoding saat ini memasuki fase kedua yaitu menggelar kompetisi inovasi bagi para developer muda untuk membuat solusi dengan menggunakan Teknologi IBM yang bisa dilihat lebih jelasnya melaui situs http://www.dicoding.com/challenges/640.

Selain itu, IBM Indonesia juga bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam meningkatkan keterampilan, keahlian angkatan kerja muda di bidang komunikasi dan informatika melalui kolaborasi dalam program Stimulant Digital Talent Scholarship 2020 untuk menyiapkan talenta andal di bidang data science.

“Kemajuan suatu bangsa dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh talenta – talenta terbaik yang mampu berkompetisi dalam era transformasi digital saat ini. Teknologi merupakan sarana pendukung yang bisa terwujud melalui ekosistem yang baik dan talenta yang mumpuni,” pungkas Tan Wijaya.