Hati-hati, Virus Trojan Android Bisa Curi Data

Android virus

infogadgets.info.id – Hati-hati lho untuk para pengguna Android, karena virus trojan sekarang makin canggih, seperti sebuah virus trojan android baru bernama ‘Android / Smssend’ yang katanya dapat mencuri data pribadi yang sensitif dari perangkat Android.

Android/Smssend merupakan virus malware yang masuk melalui aplikasi Android dan menginfeksi ke perangkat. Virus ini pertama kali terdeteksi oleh eScan.

The Computer Emergency Response Team of India (CERT-In) mengatakan bahwa penjahat cyber memodifikasi aplikasi asli lalu membuatnya lebih berbahaya, lalu kemudian didistribusikan kembali melalui pasar melalui channel yang terpisah.

Setelah menginfeksi perangkat Android, malware ‘Android/Smssend’ dapat mengirimkan pesan teks ke nomor pada daftar kontak dan juga ke nomor premium. Pesan SMS ini mengandung link berbahaya yang bila diklik oleh download receiver sendiri atau ancaman yang berbeda ke perangkat.
CERT-In mengatakan bahwa setelah infeksi sukses malware akan mengambil informasi dasar tentang perangkat Android seperti nomor IMEI, ID perangkat, jenis perangkat antara lain terganggu dan bahkan dapat menginstal spyware pada perangkat yang ditargetkan.

Malware ini juga dapat kontak dan gambar, melacak lokasi, mencuri password, secara ilegal mengakses pesan teks, crash sistem yang lengkap dan mencuri informasi perbankan pribadi ketika login. Selain itu, ia juga menginstal jenis lain dari spyware dan bahkan menonaktifkan firewall dan anti-virus program yang diinstal pada perangkat untuk mempertahankan diri.

Untuk itu pastikan memastikan smartphone anda aman dari virus, caranya dapat melakukan tips pencegahannya dengan melindungi perangkat android dari virus.