Google Resmi Rilis Android 8.0 Oreo, Ini Fitur Barunya !

Linfogadgets.info.id – Google akhirnya secara resmi merilis versi OS Android terbaru, yaitu Android 8.0. Sesuai dengan penamaan berdasarkan abjad dan mengambil nama makanan, versi terbaru ini dinamakan Android Oreo.

Bukan pertama kali ini saja Google menggunakan nama makanan produksi perusahaan Nabisco. Sebelumnya kedua perusahaan ini juga sudah bekerjasama untuk penamaan Android 4.4 yang mengambil nama Android KitKat.

sponsored

Apa yang baru dari Android 8.0 Oreo?

Fitur baru yang dibawa Android Oreo antara lain yaitu :

– Background Limits For Apps
Jumlah aplikasi yang berjalan secara background akan dibatasi di versi terbaru Android ini. Tujuannya agar menghemat penggunaan daya baterai.

– Bluetooth Audio
Android Oreo juga membawa peningkatan pada fitur Bluetooth Audio. Kualitas suara yang dialirkan melalui Bluetooth semakin bagus.

– Google Play Protect
Adanya peningkatan keamanan pada aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play.

– Faster Boot Speed
Smartphone yang mengadopsi Android Oreo, akan memiliki proses booting yang semakin cepat. Disebutkan akan lebih cepat dibanding Android versi sebelumnya.

– Autofill
Android Oreo juga membawa fitur Autofill yang lebih baik. Contoh Autofill misalkan ketika sedang mengisi sebuah form isian, makan akan muncul teks suggestion untuk mempercepat pengisian.

– Android Instant Apps
Fitur Android Instant Apps memungkinkan pengguna untuk menikmati aplikasi, tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu secara full ke smartphone. Caranya cari aplikasi yang diinginkan, lalu klik ‘Open Apps’

– Aplikasi Android Oreo
Bagi para pembuat aplikasi Android, juga ada beberapa perubahan vital dalam kode pembuatan aplikasi untuk Android Oreo

– User Interface
Beberapa tampilan untuk pengguna pada Android Oreo juga diperbarui. Seperti notifikasi yang lebih adaptif, suport yang lebih luas untuk picture-in-picture mode, penambahan lebih dari 60 emoji baru, tampilan baru untuk notifikasi konten media, menu Setting yang diperbarui, tampilan ikon menu yang makin adaptif, dan tampilan gambar Octopus Easter egg.