Google Dikabarkan Kembangkan Fitur Belanja Untuk YouTube

infogadgets.info – Jika Anda sering menonton video di YouTube, Anda akan mendengar pembuat konten mengatakan sesuatu seperti, “Saya akan menaruh link informasi produk yang saya gunakan dalam deskripsi ini.” Bukankah lebih mudah jika tautannya muncul tepat di bagian layar?

sponsored

Tampaknya, itu mungkin sedang dikerjakan. Menurut laporan dari Bloomberg, Google sedang mengembangkan fitur belanja untuk platform YouTube. Secara teoritis, ini akan memudahkan kreator untuk menautkan ke produk langsung di video, demikian dilansir laman Android Authority, Jumat, 9 Oktober 2020.

Dengan adanya fitur yang masih belum diketahui kapan dirilis, konten kreator (dan tentunya Google, secara alami) kemudian akan mendapatkan komisi dari hasil pembeliannya. Mengingat model bisnis Google sangat bergantung pada iklan, platform belanja YouTube juga tampaknya seperti perkembangan yang alami.

Google mengaku bahwa saat ini sedang menguji cara bagi pembuat untuk menandai produk dalam video saat ini. Namun, itu tidak akan memberikan info lebih lanjut terkait dengan platform belanja YouTube.

Kabar tersebut termasuk masuk akan, bahkan saluran YouTube Android Authority, sebagian besar konten videonya fokus pada produk. Tentu akan bermanfaat bagi pemirsa ulasan ponsel cerdas untuk dapat mengetuk video dan membeli ponsel jika mereka menyukai apa yang mereka lihat.

Meskipun begitu, iklan juga menjadi salah satu keluhan terbesar, karena dianggap mengganggu pada saat pengguna menikmati konten. Namun, jika sebuah platform belanja benar-benar membuahkan hasil, itu akan membuat dorongan bagi pemirsa untuk membeli produk semakin intens.