Goks, Bangkit Disaat Pandemi Data Canalyst Sebut realme Tumbuh 132% di Q3 2020

infogadgets.info.ID – Untuk yang kesekian kalinya realme kembali mengklaim, perangkat yang dikembangan mendapat respon positif dari konsumen. Kali ini klaim realme tersebut, merujuk data hasil penelitian Counterpoint.

Menurut penelitian terbaru dari Counterpoint, pengiriman smartphone global pada Q3 2020 tumbuh sebesar 32% Quarter-on-Quarter (QoQ), tetapi juga mengalami penurunan sebesar 4% year-over-year (YoY) menjadi sekitar 380 juta unit.

Dari data yang dipublikasikan, beberapa vendor mengalami penurunan. Namun di sisi lain ada pabrikan yang bisa melawan tren global, satu diantaranya realme.

Disebutkan jika, realme tampil dengan mencatatkan pertumbuhan 45% YoY dan pertumbuhan QoQ sebesar 132%, seolah bangkit kembali dari pandemi COVID-19 dengan menunjukkan ketahanan yang luar biasa.

Dalam periode tersebut, realme secara kumulatif telah mengirimkan lebih dari 50 juta smartphone pada akhir Q3 2020, dan menjadikannya sebagai the world’s fastest brand dengan berhasil mengapalkan 50 juta pengiriman sejak ia diluncurkan.

Fakta tersebut tentu tergolong mengejutkan, apalagi realme terbilang anak baru, dimana baru sekitar 2 tahun meramaikan pasar hp dunia.

Tarun Pathak, Associate Director di Counterpoint, menjelaskan, selain portofolio produk yang kuat, efisiensi realme untuk mengatasi perubahan pasar yang cepat juga merupakan faktor kunci keberhasilan.

“realme adalah merek muda, karenanya kami mengharapkan ia dapat mengambil keputusan yang lebih cepat dan fleksibel daripada raksasa elektronik lainnya. Selama periode pandemi yang sulit, konsumen beralih ke pembelian online. realme, dengan keahlian yang berpusat pada penjualan online, bertindak cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menawarkan berbagai layanan seperti, jaminan produk yang diperpanjang, pengiriman produk dalam 7-14 hari, contactless delivery, dan penyediaan layanan online customer centers.”

Terkait kiprah realme di Indonesia, berdasarkan laporan riset smartphone dari Canalyst, pabrikan asal Cina ini mencatatkan pertumbuhan hingga 15% di Q3-2020. Laporan tersebut juga mencatat bahwa realme menjadi salah satu dari dua merek smartphone yang mengalami pertumbuhan positif sepanjang Q3-2020 dan meraih 14% pangsa pasar. Pertumbuhan ini juga berhasil membuat realme bertahan sebagai Top 5 Smartphone Brand di Indonesia.