BMW i3, Mobil Listrik Pemenang ‘Green Car of The Year’

bmw-i3

infogadgets.info – BMW i3 mobil listrik besutan pabrikan asal Jerman berhasil memenangi penghargaan ‘Green Car of The Year’, yang dilaksanakan sebagai rangkaian acara Los Angeles Auto Show.

Menariknya, BMW i3 merupakan mobil listrik murni pertama yang berhasil menyabet penghargaan tersebut. BMW i3 megalahkan empat rival terpilih lainnya, yakni Chevrolet Impala yang memiliki mesin hubrid gas alam, Audi A3 diesel, VW Gold, dan Honda Fit.

Kunci keberhasilan BMW i3 pada ajang penghargaan ini datang dari efisiensi. Mobil ini lebih efisien daripada mobil berbahan bakan bensin. BMW i3 mampu menyajikan setara 124 mil per gallon namun dalam versi listrik murni.

BMW i3 hadir dalam dua versi berbeda yang keduanya memiliki mesin bertenaga listrik. Salah satu versinya disebut sebagai range-extended version. Versi ini selain memiliki menggunakan listik, juga dibekali mesin bertenaga bensi yang bertindak sebagai generator. Jadi, mesin bensis di sini digunakan untuk pengisian baterai.

Jika pada versi murni, BMW i3 hanya mampu menjelajah 80 – 100 mil, maka untuk versi extended bisa mencapai lebih dari 150 mil.

Untuk harga, sebagaimana dilansir Techradar, BMW i3 ditawarkan mulai 41.000 USD atau setara dengan Rp490 juta-an. [Joe]