Bikin Heboh, Ini Penyebab Wallpaper yang Bikin Hp Android Crash!!

infogadgets.info.ID – Wallpaper bisa membuat tampilan sebuah smartphone semakin kece. Hanya saja, jika salah menggunakan gambar wallpaper bukan tidak mungkin, hp kamu justru menjadi eror.

Yup, beberapa waktu lalu, sempat heboh ada wallpaper “terkutuk” bergambar pemandangan. Wallpaper tersebut bisa membuat smartphone Android crash jika diaplikasikan. Setelah sempat membuat heboh, kini penyebab wallpaper terkutuk itu pun perlahan terungkap.

Sebagaimana dilaporkan laman XDA Developer, merujuk penjelasan dari Lead Developer AOSP Davide Bianco, diinfokan jika wallpaper itu memakai spektrum warna RGB, bukan sRGB seperti yang mendukung Android asli (native).

Bianco juga telah mengirimkan patch ke AOSP yang disebut-sebut telah memperbaiki masalah ini. Deskripsi patch tersebut menjelaskan, “Masalah terjadi ketika pengguna mencoba mengatur sebagai wallpaper gambar yang bukan sRGB.”

Yang terjadi berikutnya adalah, nilai variabel y lebih tinggi dari batas histogram. Hal ini membuat SysUI crash. Satu-satunya kemungkinan perbaikan adalah membatasi nilai y agar selalu kurang dari 256.

Masih dari laporan yang sama, berdasarkan penjelasan dari Senior Member di XDA BadDaemon dan XDA Recognized Developer luca020400, wallpaper “terkutuk” itu ditulis dengan ruang warna spesial bernama “Google/Skia/E3CADAB7BD3DE5E3436874D2A9DEE126”.

“Skia” merujuk pada grafik library 2D yang dibuat oleh Google. Padahal, kebanyakan wallpaper lain dikode menggunakan ruang warna bernama sRGB. Pada Android 10 dan yang lebih lawas, semua gambar dikonversi ke sRGB, kecuali ditentukan oleh pengembang.

Nah, rupanya ada bug langka yang dapat terjadi saat mengkonversi gambar ke sRGB, yakni kode yang menghitung nilai warna “luminance” dari setiap piksel melampaui batas maksimum, yakni 255.

So, mau jajal wallpaper terkutuk!!!