Awas! Hampir Satu Miliar Perangkat Android Rentan Diretas

logo-android

infogadgets.info – Terungkap, hampir satu miliar perangkat Android terindikasi memiliki resiko keamanan. Secara singkat, dilaporkan bahwa sebanyak 939 juga perangkat Android yang menjalankan versi 4.4 KitKat ke bawah rentan terhadap resiko keamanan pada Android WebView.

sponsored

Google sendiri telah menyadari akan adanya kerentanan tersebut. Namun sayangnya, sang pemilik OS Android itu enggan untuk memberikan patch untuk Android versi lawas.

Sebagaimana diungkap Tod Beardsley, dari Rapid7, seperti dilansir BGR, Google telah menghentikan pengembangan patch untuk WebView bug sebelum KitKat di Android. Sementara itu, menurut banyak ahli keamanan, disebutkan terkait adanya sejumlah bug dalam beberapa bulan terakhir, namun Google menolak untuk menawarkan perbaikan. Pihak OEM dan developer independen pun nampaknya harus mengupayakan perbaikannya sendiri.

Kerentanan yang ditemukan pada Android WebView, sebuah komponen inti di Android 4.3 dan di bawahnya memungkinkan aplikasi untuk menampilkan halaman web tanpa harus membuka aplikasi lainnya.

Pengguna Android KitKat dan di atasnya mungkin tidak terlalu khawatir atas kerentanan terhadap bug WebView. Namun demikian, kerentanan tersebut masih akan mengintai pengguna Android yang masih menggunakan versi di bawah KitKat terbilang masih cukup besar.

Menurut angka distribusi Android terbaru, ada sekitar 60% dari perangkat Android yang masih menjalankan versi Jelly Bean dan di bawahnya. [Joe]