Alasan Duo Mi 10T Pakai Layar LCD, Begini Penjelasan Xiaomi

infogadgets.info – Smartphone terbaru Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro sudan diumumkan bulan lalu, yang hadir menggunakan layar IPS datar berukuran 6,67 inci dengan refresh rate 144Hz. Spesifikasi layar itu memunculkan pertanyaan dari konsumen, mengingat dua ponsel pintar itu merupakan perangkat yang lebih condong ke kelas atas, dan lebih cocok menggunakan panel OLED.

Techradar berhasil berbicara dengan manajer pemasaran senior Xiaomi yang tidak disebutkan namanya, dia mengklarifikasi alasan Xiaomi memilih menggunakan panel IPS datar. Ternyata, intinya sama sekali bukan untuk mengurangi biaya produksi akhir, seperti yang terlihat pada pandangan pertama, seperti dilaporkan Gizchina, 20 Oktober 2020.

Menurut manajer itu, banyak jajak pendapat dan studi telah dilakukan, yang menjelaskan bahwa hampir 60 persen pengguna lebih menyukai tampilan datar. Sedangkan, jika menginginkan perangkat andalannya, maka mereka harus menanggung layar melengkung di smartphone mereka.

Layar IPS dalam hal kualitas lebih rendah dari panel OLED khususnya soal akurasi warna, rentang warna lebar, dan kepekatan layar. Namun IPS memiliki harga yang lebih murah dan efek yang lebih lembut di mata. Menurut bagian produksi Xiaomi, sekitar 10 persen pengguna melaporkan ketidaknyamanan yang parah saat bekerja dengan layar OLED.

“Lebih baik memiliki LCD berkualitas tinggi, LCD terbaik dari yang terbaik, dibandingkan dengan jenis AMOLED biasa,” kata perwakilan Xiaomi.

Singkatnya, perwakilan Xiaomi ini ingin menyampaikan kepada khalayak luas gagasan bahwa layar IPS datar dipasang atas permintaan pengguna. “Mereka menginginkannya dan mereka mendapatkannya”. Pada saat yang sama, Xiaomi mendapatkan layar LCD terbaik di industrinya dan aman untuk mata.

Sebagai informasi, duo Xiaomi Mi 10 T merupakan smartphone yang hampir identik, perbedaan utamanya hanya terletak pada konfigurasi kamera. Keduanya dibekali chip Snapdragon 865, Adreno 650 GPU, yang didukung RAM 8 GB/ 128 GB.

Sementara dari segi kamera, Mi 10T dipasang dengan tiga kamera belakang dengan sensor utama 64 MP, 13 MP, dan 5 MP. Sedangkan sensor utama Mi 10T Pro menggunakan 108 MP. Di bagian depan, keduanya dipasang 20 MP, HDR, f/ 2.2.

Berkapasitas daya baterai 5.000 maah dan pengisian cepat 33W, baik Mi 10T maupun Mi 10T Pro sudah menjalankan sistem operaso Android 10 dengan MIUI 12. Sememtara konektivitas yang terpasang ada Bluetooth 5.1, NFC, Sensor inframerah, port Type-C, dan WiFi dual-band, ditambah sensor sidik jari yang dipasang di samping.