Home GadgetHome Appliances LG Tawarkan Kulkas 2 Pintu Dengan Dispenser Air
Dispenser Air

LG Tawarkan Kulkas 2 Pintu Dengan Dispenser Air

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Jelang akhir tahun, tampaknya tak menyurutkan langkah PT LG Electronics Indonesia (LG) dalam memperkenalkan berbagai inovasi baru dalam jajaran produknya. Terbaru, perusahaan berbasis di Korea Selatan ini membuat pengumuman kehadiran kulkas dua pintu yang tampil unik dengan keberadaan dispenser air melekat pada bilah pintunya.

Beriring dengan keunikannya ini, dikatakan, kepintaran menjaga kesegaran makanan lebih lama dan peningkatan pada higienitas menjadi keunggulan utama yang diusung kulkas berbasis inverter ini.

“Kelengkapan teknologi pendinginan tercanggih kami dan peningkatan fitur yang berfokus pada kesehatan melalui penjagaan higienitas menjadi tawaran utama dalam desain yang lebih modern dan memberi kenyamanan bagi penggunanya,” ujar Rumbi Simanjuntak – Head of Product Marketing for Home Appliances LG Electronics Indonesia.

Baca juga: LG tiiun, Cara Praktis Berkebun di Dalam Rumah

Terdapat dua pilihan kapasitas pada kulkas terbaru LG ini yaitu 394 liter dan 374 liter. Namun demikian, dari sisi desain, warna hingga kelengkapan fitur utama yang ada didalamnya, tidak ada perbedaan diantara keduanya. Tampil dengan warna hitam dan nuansa logam yang cemerlang, keduanya memiliki dispenser air yang terletak pada bagian depan bilah pintu utamanya yang dibuat rata.

Keunikan ini dibuat, disamping memberikan kenyamanan, juga merupakan upaya LG untuk meningkatkan penghematan pada konsumsi listrik kulkas ini. “Tak perlu lagi membuka pintu kulkas dan mengeluarkan suhu dingin didalamnya sehingga membuat kompresor kembali bekerja keras yang meningkatkan konsumsi listrik, hanya untuk menikmati segelas air sejuk,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Namun, bukan itu saja yang menjadi keunggulannya. Superioritas kulkas inverter LG ini justru dikatakan terletak pada kemampuannya mempertahankan kesegaran makanan lebih lama. Hal ini dapat terjadi berkat kolaborasi kerja dua teknologi yaitu DoorCooling+ and LinearCooling.

Fitur DoorCooling+ dapat dilihat berupa peletakan beberapa titik saluran udara dingin ke kabin kulkas pada bagian yang dekat dengan pintu. Berpadu dengan sistem pendinginan LG, peletakannya yang demikian memastikan pendinginan kulkas dapat berjalan lebih cepat karena menyentuh titik terjauh yaitu bagian rak yang melekat di balik pintu kulkas.

Sementara fitur LinearCooling bekerja memastikan suhu dingin mengalir merata pada seluruh bagian dalam kulkas. Sekaligus pula, menjaga fluktuasi suhu dingin didalamnya dalam rentang yang kecil yaitu 0.5 derajat Celsius. Uji yang dilakukan LG dengan lembaga internasional TÜV Rheinland menunjukkan, buah dan sayuran dapat bertahan kesegarannya hingga dalam kurun tujuh hari penyimpanan.

Keseriusan upaya LG dalam hal penjagaan kesegaran makanan pada kulkas barunya ini pun tampak dari keberadaan fitur pintar Smart Fresh Air. Dikatakan pintar, fitur ini beroperasi dengan algoritma khusus yang mengambil data dari pola pemakaian kulkas sepanjang tiga minggu.

Sepanjang masa tersebut, fitur Smart Fresh Air mengidentifikasi beberapa periode tertentu yang membutuhkan pendinginan lebih tinggi. Seperti halnya waktu berbelanja bulanan yang menyebabkan kulkas lebih penuh dari sebelumnya.

Dengan data tersebut, algoritma Smart Fresh Air akan memerintahkan kulkas untuk menurunkan suhu satu derajat Celsius dari yang ditentukan penggunanya. Hal ini akan berlangsung sepanjang dua jam sebelum periode yang diidentifikasinya sebagai penggunaan beban tinggi.

“Dengan menurunkan suhu secara otomatis akan mempertahankan fluktuasi suhu tetap rendah meskipun proses membuka pintu kulkas lebih lama dan isi kulkas lebih padat nantinya,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Menjaga rendahnya fluktuasi suhu inilah yang menurutnya menjadi kunci utama dari menjaga kesegaran makanan.

“Tak asal dingin, tapi menjaga fluktuasi suhu dingin menjadi hal penting dalam mempertahankan kesegaran makanan,” katanya lagi.

Bila soal kesegaran ditangani kedua fitur tersebut, khusus untuk higienitas, LG mempercayakannya pada fitur Hygiene Fresh. Fitur yang telah dipatenkan LG ini terbukti efektif dalam menyingkirkan bakteri dan bau hingga 99.99%.

“Penyingkiran bakteri yang mungkin terikut pada saat memasukkan makanan ke dalam kulkas, selain membuatnya lebih higienis untuk dikonsumsi juga terkait dengan penjagaan kesegaran makanan lebih lama,” ujar Rumbi Simanjuntak lagi.

Beralih pada hal terkait kenyamanan, tak hanya pada keberadaan dispenser air pada penampang pintunya. Lebih jauh, LG pun memberikannya melalui sematan Spaceplus Ice System. Bentuknya berupa wadah es batu yang diletakkan melekat pada penampang dalam pintu freezer. Namun keistimewaannya bukan saja dari peletakannya yang memberikan ruang lebih besar bagi penyimpanan di freezer.

Baca juga: LG Perkenalkan Dua Seri Monitor Kelas Premium UltraWide dan UltraFine

Spaceplus Ice System dirancang tak sekedar wadah, namun pula memiliki kemampuan untuk memproduksi es batu secara otomatis. Tersambung dengan wadah air yang sama dengan dispenser air, Spaceplus™ Ice System dapat memproduksi hingga 42 es batu pada setiap harinya.

Meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan, LG melengkapi kulkas dua pintunya ini dengan kemampuan aplikasi LG ThinQ app. Keterhubungan melalui wifi, aplikasi ini membuat penggunanya dapat memantau sekaligus melakukan pengaturan pada suhu kulkas sesuai keinginan kapanpun dibutuhkan.

“Fokus utamanya pada kesegaran makanan lebih lama dan higienitas, berpadu dengan kenyamanan dan desainnya yang modern, kulkas dua pintu ini menawarkan hal yang belum ada sebelumnya di kelasnya,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Merujuk pada hal tersebut, ia menyatakan, optimis akan cepat menjadi idola baru bagi banyak rumah tangga di Indonesia.

Berita Lainnya

Leave a Comment