Home News Lancar Jaya! Meeting Ber-8 Gunakan Google Duo dan Jaringan XL
XL Axiata

Lancar Jaya! Meeting Ber-8 Gunakan Google Duo dan Jaringan XL

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Perubahan sistem kerja untuk menekan laju penyebaran virus corona di Indonesia berubah menjadi sistem Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Selama WFH, Kami melakukan komunikasi dan rapat melalui sejumlah aplikasi panggilan video. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan yakni Google Duo.

Sekilas kami menjelaskan sedkit tentang Google Duo. Aplikasi ini enaknya sudah dapat diakses berbagai jenis platform, mulai dari web browser pada perangkat Windows, Mac, Chrome OS, dan tentunya smartphone Android serta iOS. Pada kebanyakan smartphone Android, aplikasi ini sudah terpasang dari awal, jadi kamu hanya perlu login menggunakan akun Google dan langsung siap untuk menelepon.

Baca juga: XL Axiata Raih Pendapatan Rp 6,5 triliun, Naik 9% YoY

Malah Belum lama ini Google juga melakukan pembaharuan dimana pembaruan ini meliputi sejumlah fitur anyar, termasuk peningkatan dari sisi keamanan. Pembaruan ini sendiri hadir setelah Google mengumumkan menambah daftar peserta untuk panggilan grup di Duo.

Pembaruan pertama adalah fitur mengambil foto saat melakukan panggilan. Jadi, pengguna dapat mengambil foto di tengah video call bersama orang lain, tetapi belum mendukung saat melakukan grup video call.

Pembahuruan yang bikin kami “happy” yakni peningkatan jumlah peserta yang terus meningkat dari 12 kini bertambah lagi menjadi 32 orang.

Kami sendiri cukup puas melakukan panggilan video lewat Google Duo. Berkat codec video yang optimal, lawan bicara terlihat jelas dan relatif lebih lancar.

Bercerita tentang pengalaman kami menggunakan Google Duo, kami pergunakan untuk meeting ber-8 dengan berbagai rekan bisnis yang posisi WFH nya berlainan ada yang di Jakarta, Bogor dan Bandung. Dan menariknya semua menggunakan operator yang berbeda.

Kelancaran ini juga berlangsung berkat jaringan data dari XL Axiata yang kami gunakan. Kebetulan kami menggunakan jaringan Pasca bayar dengan pilihan paket Prio Silver dengan Kuota Paket Internet 4G sebanyak 14GB, Voice&SMS Unlimited ke sesama XL dan Axis, untuk Voice beda operator 100 menit, dan mendapatkan 100 SMS ke semua operator. Sedangkan lainnya seperti chat ke WA, Line & BBM Unlimited.

Sebelum melakukan video conference tentunya kami mengukur kecepatan yang disediakan Xl Axiata. Kami mencobanya hingga tiga kali rata-rata mendapatkan kecepatan 37-77 Mbps untuk Donwload, sedangkan untuk upload 19-26 Mpbs di waktu sibuk sekitar jam 11 siang.

Selama pembericaraan meeting yang kami lakukan selama 30 menit tidak ada kendala berarti meski harus berbicara dengan 8 orang dengan wilayah dan operator yang berbeda.

Dalam waktu sekitar 30 menit kami menghabiskan kuota sekitar 32GB, jadi jika Anda menggunkan sekitar 60 menit hanya menghabiskan kuota sekitar 1GB.

Baca juga: XL Axiata – Kemenag Luncurkan “Akademi Madrasah Digital 2020”

XL Axiata terus berinvestasi untuk memperluas dan meningkatkan kualitas jaringannya di seluruh Indonesia. Per akhir Maret 2020, XL Axiata memiliki lebih dari 133 ribu BTS, meningkat 9% dbandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY). Sebanyak lebih dari 43 ribu BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

Jaringan 4G XL Axiata kini telah hadir dan melayani pelanggan di 449 kota/kabupaten yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Meskipun pandemi Covid-19, instalasi jaringan terus berjalan sesuai rencana tanpa gangguan dan mayoritas diharapkan akan selesai sebelum Lebaran.

Cara Bikin Group Google Duo

Meski sudah digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang, masih ada beberapa orang yang masih bingung menggunakannya.Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Duo? Simak langkah-langkah berikut.

Membuat Grup di Google Duo

1.Buka aplikasi Duo

2.Di layar, geser ke atas

3.Tap Buat grup

4.Pilih kontak

5.Ketuk Video call

Setelah panggilan berakhir, pengguna dapat memberi nama grup dan menyimpannya.

Untuk menambah anggota, mengganti nama grup, atau keluar dari grup, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Duo dan geser ke atas pada layar.
  • Di bagian “Grup”, tap grup
  • Klik Lainnya.
  • Pilih satu opsi seperti menambah anggota, mengganti nama grup atau keluar dari grup

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment