Home GadgetSmartphone iPhone SE vs iPhone 12 Mini: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 12 Mini

iPhone SE vs iPhone 12 Mini: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Ponsel kompak bukanlah tren, tetapi Apple masih merilis beberapa ponsel kompak dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2020, raksasa Cupertino datang dengan iPhone SE 2020. Tepat setelah itu, perusahaan meluncurkan iPhone 12 Mini bersama varian lain dari seri iPhone 12, yang merupakan varian Mini pertama dari iPhone. Banyak orang bertanya-tanya apakah mereka harus memilih iPhone SE 2020 atau  iPhone 12 Mini. Untuk itu perbandingan spesifikasi ini akan menyoroti perbedaannya.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Samsung Galaxy S21 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 12 Mini

Desain

iPhone SE 2020 memiliki desain yang sangat tua, desain seri iPhone 8 yang menjadikannya satu-satunya iPhone generasi terakhir dengan Touch ID. IPhone SE 2020 memiliki bezel tebal di sekitar layar dan rasio aspek 16:9: sangat ketinggalan zaman. Namun tetap hadir dengan kualitas bangunan yang hebat, memiliki kaca belakang, bingkai aluminium, dan sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan debu dan tahan air. IPhone 12 Mini memiliki desain paling modern yang pernah dibuat oleh Apple, desainnya sama dengan perangkat lain dari seri 12, tetapi dengan dimensi yang lebih kecil. Meskipun memiliki layar yang lebih lebar dari iPhone SE 2020, namun lebih ringkas berkat panel depan tanpa bezel. Selain itu, sangat tipis dan ringan. Ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68, tahan debu dan tahan air hingga kedalaman 6 meter.

Layar

Dengan iPhone 12 Mini, Anda sebenarnya bisa mendapatkan tampilan yang jauh lebih baik. Alih-alih panel IPS iPhone SE 2020, Anda mendapatkan panel Super Retina XDR OLED yang menakjubkan dengan HDR10 dan Dolby Vision, serta resolusi Full HD yang lebih tinggi yang memberikan tingkat detail yang lebih tinggi. Akurasi warna lebih baik, warna lebih cemerlang dan hitam lebih dalam. Panel juga lebih lebar dengan 5,4 inci dan rasio aspek 19,5:9. IPhone SE 2020 masih hadir dengan tampilan yang bagus, tetapi lebih rendah. Ini memiliki panel HD+ dengan diagonal 4,7 inci dan teknologi True-tone.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Selain menawarkan desain dan tampilan yang lebih baik, iPhone 12 Mini juga mengemas komponen perangkat keras yang lebih baik. Ini didukung oleh chipset Apple A14 Bionic yang jauh lebih baik daripada Apple A13 Bionic dan, tidak seperti A13, ia mendukung 5G. IPhone 12 Mini juga hadir dengan lebih banyak RAM (4GB vs 3GB) yang memungkinkan pengalaman multi-tasking yang lebih baik. Penyimpanan internal sama untuk setiap perangkat. Anda mendapatkan versi dengan penyimpanan 64GB, konfigurasi 128GB, dan 256GB. Perhatikan bahwa iPhone SE 2020 menjalankan iOS 13, sedangkan iPhone 12 Mini didasarkan pada iOS 14.

Kamera

IPhone 12 Mini memenangkan perbandingan kamera juga, berkat pengaturan kamera yang superior. Ini memiliki kamera utama 12 MP dengan aperture f/1.6 yang cerah, di samping sensor ultrawide 12 MP dan dukungan OIS. iPhone SE 2020 hanya memiliki satu kamera di sisi belakang yang memiliki resolusi 12 MP dan aperture f/1.8. IPhone 12 Mini juga merupakan ponsel selfie yang lebih baik dengan kamera depan 12 MP (iPhone SE 2020 memiliki sensor 7 MP).

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs OPPO Find X3 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Last but not least, iPhone 12 Mini memiliki daya tahan baterai lebih lama. Alasannya cukup sederhana: pertama-tama, ia memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Selain itu, layarnya memiliki konsumsi energi yang lebih rendah, dan prosesornya dibuat dengan proses produksi yang membuatnya lebih efisien. Kedua ponsel mendukung pengisian cepat dan pengisian nirkabel, tetapi Mini memiliki teknologi MagSafe yang tidak ada pada saingannya.

Harga

Anda sebenarnya dapat menemukan iPhone SE 2020 dengan harga kurang dari Rp 6 jutaan, sedangkan iPhone 12 Mini mulai dari Rp 7,5 jutaan (harga bervariasi tergantung pasar). IPhone 12 Mini adalah pilihan yang jauh lebih baik karena desainnya yang hebat, tampilan yang superior, chipset yang lebih kuat, masa pakai baterai yang lebih lama, dan kamera yang lebih baik. Anda harus memilih SE 2020 hanya jika tujuan utama Anda adalah menghemat uang.

Berita Lainnya

Leave a Comment