Home GadgetSmartphone iPhone SE 2020 vs iPhone 11: Perbandingan Spesifikasi
iPhone SE 2020

iPhone SE 2020 vs iPhone 11: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Apple baru saja mengeluarkan produk ponsel terbarunya iPhone SE 2020. Secara tampilan ponsel ini memiliki desain yang sama dengan iPhone 8. Namun secara isi dapur ponsel ini memiliki peningkatan spesifikasi yang signifikan.

Buat kamu membutuhkan iPhone yang terjangkau, iPhone SE 2020 bukan satu-satunya pilihan di luar sana di antara perangkat Apple generasi terakhir. Ada opsi lain yang menarik: iPhone 11, yang merupakan penerus dari iPhone XR. Ini lebih mahal daripada iPhone SE 2020, tetapi saat ini tersedia dengan harga pasaran yang sangat menarik.

Jika Anda bisa mengeluarkan buged sedikit lebih banyak, mungkin memiliki iPhone 11 atau iPhone SE 2020 sudah cukup untuk semua kebutuhan kamu sehari-hari? Berikut perbandingan spesifikasinya.

Baca juga : Samsung Galaxy S20 vs Galaxy S20+ vs Galaxy S20 Ultra: Apa Bedanya?

Desain

iPhone SE 2020 merupakan ponsel generasi terakhir yang paling ringkas yang dikeluarkan Apple. Memiliki desain yang sudah ketinggalan zaman, maksudnya seperti yang kami sebutkan di atas, perangkat ini memiliki estetika yang sama dengan iPhone 8 yang dirilis tahun 2017.

Terdapat bezel tebal di sekitar layar dan Touch ID kembali, menggantikan Face ID. Namun perangkat ini masih terbuat dari bahan premium, termasuk kaca belakang dan bingkai aluminium. Lebih lanjut, ini adalah smartphone tahan air dengan sertifikasi IP67.

Sedangkan iPhone 11 memiliki dimensi lebih besar, tetapi desainnya jelas lebih menarik. Alasannya adalah kehadiran layar tanpa bingkai dengan bezel sempit. iPhone 11 juga dilengkapi dengan perlindungan yang lebih baik terhadap air, memiliki sertifikasi IP68.

Layar

Ukuran layar adalah perbedaan paling penting di iPhone SE 2020 dan iPhone 11. iPhone SE 2020 memiliki layar diagonal hanya 4,7 inci, jadi menurut kami bukan perangkat yang paling cocok untuk pengguna dan produktivitas tingkat lanjut. Di sisi lain, penggunaan lebih mudah untuk satu tangan dan nyaman diletakan di saku. Jika kita berbicara tentang kualitas tampilan, selain memiliki diagonal 6,1 inci yang lebih lebar, iPhone 11 memberikan kualitas gambar yang lebih meyakinkan. Ponsel ini bahkan hadir dengan sentuhan yang lebih reaktif berkat kecepatan pengambilan sampel sentuh 120 Hz.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Meskipun ini adalah perangkat yang jauh lebih terjangkau daripada iPhone generasi terakhir lainnya, iPhone SE 2020 memiliki chipset yang persis sama dengan jajaran iPhone 11. Ini berarti mampu memberikan kemampuan serupa. Sistem operasinya sama di kedua perangkat menggunakan iOS 13, dan bahkan penyimpanan internal sama: keduanya memiliki konfigurasi dengan 64, 128 atau 256 GB. Hanya ada satu perbedaan di departemen perangkat keras yakni pada RAM, iPhone SE 2020 memiliki RAM 3GB, iPhone 11 menawarkan RAM 4GB untuk kinerja multi tasking yang lebih baik. Tapi perlu diingat meski perbedaan cuma pada RAM, kami merasakan tidak ada perbedaan yang mencolok dalam hal kinerja keseluruhan.

Kamera

Di sisi belakang, iPhone SE 2020 hanya memiliki satu kamera dengan resolusi 12 MP, tetapi ini adalah kamera cukup baik karena mendukung OIS. Bahkan dapat menghitung informasi kedalaman dengan memanfaatkan AI, tanpa perlu sensor kedalaman sekunder. IPhone 11 menambahkan lensa ultrawide 12 MP yang berguna di sisi belakang, untuk total dua kamera. Dan tidak seperti SE 2020 yang menggunakan flash dual-LED, iPhone 11 memiliki flash quad-LED. Selain departemen kamera belakang yang lebih baik, iPhone 11 juga dilengkapi dengan kamera depan yang lebih baik: sensor 12 MP disertai dengan sensor SL 3D yang memungkinkan menggunakan Face ID.

Baterai

iPhone 11 memiliki baterai yang jauh lebih besar dari iPhone SE 2020 (3110 mAh vs 1821 mAh) dan mampu memberikan masa pakai baterai yang jauh lebih lama. Masa pakai baterai iPhone 11 sangat memuaskan, ini bukan ponsel baterai tetapi dapat bertahan lebih dari satu hari kerja dengan sebagian besar pola penggunaan. iPhone SE 2020 memulai debutnya kemarin, jadi kami tidak memiliki kesempatan untuk menguji masa pakai baterai.

Baca juga : Samsung Galaxy S20 Ultra vs Xiaomi Mi 10 Pro vs Apple iPhone 11 Pro Max : Lebih Pilih Mana?

Harga

iPhone 11 dihargai Rp 10 jutaan dalam varian standart, sedangkan iPhone SE 2020 dimulai dari harga Rp 6 jutaan. IPhone 11 adalah smartphone yang jauh lebih baik, tetapi jika Anda tidak membutuhkan daya tahan baterai di atas rata-rata, desain paling modern, layar lebar, dan kamera ultrawide, tidak ada perbedaan nyata yang signifikan harga antara kedua ponsel. iPhone SE 2020 adalah ponsel alternatif yang bagus untuk dimiliki karena penawaran haraganya, meskipun Anda bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih baik dengan beberapa ponsel Android di kisaran harga yang sama.

Berita Lainnya

Leave a Comment