Home GadgetSmartphone iPhone 13 vs iPhone 13 mini: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 13

iPhone 13 vs iPhone 13 mini: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Sama seperti tahun sebelumnya, Apple meluncurkan iPhone baru dalam empat varian: iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Bahkan tahun ini tidak ada perubahan besar jika kita berbicara tentang desain, tetapi ada beberapa perbaikan yang membuatnya layak untuk beralih dari generasi sebelumnya. Varian low-end dari seri ini adalah iPhone 13 dan 13 mini , ditawarkan dengan label harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan varian Pro. Tidak banyak perbedaan antara kedua model ini dan pasti ada lebih banyak perbedaan pada varian Pro. Untuk memberi tahu Anda beberapa perbedaan dan memahami mana dari kedua perangkat ini yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, kami memutuskan untuk membandingkan antara spesifikasinya.

Baca juga: Kumpulan Rumor iPhone 13: Spesifikasi, Harga, Warna & Lainnya

Desain

iPhone 13 dan iPhone 13 mini memiliki desain yang persis sama: satu-satunya aspek yang berbeda adalah dimensi ponsel. IPhone 13 mini terlihat lebih menarik karena lebih ringkas dan ramah kantong, tetapi memiliki layar yang lebih kecil, sehingga kurang nyaman untuk produktivitas dan bermain game. Perangkat Apple baru ini hadir dengan kaca belakang dan bingkai aluminium, serta batas datar yang sama dengan jajaran iPhone 12. Kedua ponsel memiliki kaca depan dan kaca belakang yang dilindungi oleh Gorilla Glass dan keduanya tahan air dan tahan debu dengan sertifikasi IP68. Notch menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya: tepatnya, 20 persen lebih kecil dengan tetap mempertahankan sensor yang sama.

Layar

Bahkan jika kita berbicara tentang layar, kedua perangkat ini hampir sama, apa yang berubah adalah diagonal dan resolusinya. iPhone 13 memiliki diagonal 6,1 inci dan resolusi 1170 x 2532 piksel, sedangkan iPhone 13 mini memiliki layar 5,4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Selebihnya, mereka hampir sama. Perangkat ini menggunakan panel Super Retina XDR OLED dengan sertifikasi HDR10, Dolby Vision, dan kecerahan puncak 1200 nits, serta gamut warna yang lebar dan teknologi True-tone. Tidak ada pembaca sidik jari untuk otentikasi, tetapi handset ini dapat mengandalkan Face ID yang merupakan teknologi pengenalan wajah 3D terbaik.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Anda tidak mendapatkan perubahan bahkan ketika datang ke departemen perangkat keras. Perangkat ini memiliki chipset Apple A15 Bionic yang sama yang dibangun pada 5 nm dengan frekuensi maksimum 3,22 GHz, dipasangkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 128, 256, atau 512 GB tergantung pada konfigurasi yang dipilih. Perhatikan bahwa varian Pro mampu memberikan kinerja GPU yang lebih baik karena prosesor iPhone 13 dan 13 mini diperkecil di sisi GPU. IPhone 13 dan varian mininya memberikan peningkatan 30 persen dalam hal kinerja GPU, sedangkan varian Pro naik hingga 50 persen.

Kamera

Konfigurasi kamera tetap tidak berubah jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dan juga sama antara kedua perangkat ini. IPhone 13 dan 13 mini dilengkapi dengan kamera utama 12 MP dengan aperture fokus f/1.6 dan sensor-shift OIS. Kamera utama dipasangkan dengan sensor ultrawide 12 MP dengan aperture fokus f/2.4. Ponsel ini mampu merekam video 4K pada 60 fps dengan suara stereo dan Dolby Vision HDR. Di panel depan, terdapat kamera selfie 12 MP yang merekam video 4K pada 60 fps dan sensor SL 3D untuk pengenalan wajah 3D dan penghitungan kedalaman.

Baca juga: Apple Patenkan Teknologi Kamera di Bawah Layar untuk Touch ID dan Face ID

Baterai

Baterai adalah perbedaan terpenting antara iPhone 13 dan 13 mini. Dengan kapasitas 3240 mAh, versi standart mampu memberikan daya tahan baterai hingga 19 jam dengan penggunaan multimedia, sedangkan varian mini berhenti pada 17 jam karena baterainya yang lebih kecil 2438 mAh. Secara alami, masa pakai baterai lebih rendah bahkan dalam skenario lain.

Harga

Harga iPhone 13 dan 13 mini bervariasi tergantung pasar. Versi standart berharga sekitar  Rp 15 jutaan varian mini mulai dari Rp 13 jutaan. Sementara iPhone 13 mini lebih terjangkau dan lebih ringkas (salah satu flagships paling ringkas di pasar), iPhone 13 standar menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama dan tampilan yang lebih lebar, namun dengan harga yang lebih mahal. Mana yang akan Anda pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment