Home GadgetSmartphone iPhone 13 Pro vs iPhone 13: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 13 Pro vs

iPhone 13 Pro vs iPhone 13: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Jajaran iPhone 13 terdiri dari empat model dan itulah alasan mengapa tidak mudah bagi semua orang untuk memilih yang terbaik. Varian standart iPhone 13 mungkin cukup untuk Anda, tetapi jika Anda adalah pengguna yang lebih mahir, Anda mungkin memerlukan perangkat yang lebih unggul seperti iPhone 13 Pro. Kedua handset ini hadir dengan dimensi yang sama, tetapi varian Pro memiliki beberapa peningkatan penting yang meningkatkan kualitas gambar, kualitas kamera, kinerja, dan banyak lagi. Tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Perbandingan antara iPhone 13 dan saudara kandungnya yang lebih mahal iPhone 13 Pro akan memberikan ide Anda dalam memilih.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 13 Pro

Desain

Mengingat keduanya berasal dari seri yang sama, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro memiliki estetika yang serupa. Mereka memiliki dimensi yang sama dan berat yang sama, tetapi Apple iPhone 13 lebih ringan. Di sisi lain, iPhone 13 Pro memberikan kualitas build yang lebih tinggi berkat bingkai stainless steel: varian standart memiliki bingkai aluminium tradisional yang kurang tahan terhadap jatuh dan goresan. Kedua ponsel memiliki perlindungan Ceramic Shield dan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan tahan debu. Selanjutnya, mereka memiliki notch yang 20 persen lebih kecil jika dibandingkan dengan yang ditemukan di iPhone 12.

Layar

iPhone 13 dan 13 Pro dilengkapi dengan layar Super Retina XDR OLED dengan diagonal 6,1 inci dan resolusi Full HD+ 1170 x 2532 piksel. Tetapi tampilan iPhone 13 Pro sedikit lebih maju: keduanya hadir dengan sertifikasi HDR10 dan Dolby Vision, tetapi hanya iPhone 13 Pro yang memiliki kecepatan refresh 120 Hz, sedangkan versi standart memiliki kecepatan refresh standar. Selanjutnya, varian Pro memiliki kecerahan yang lebih tinggi hingga 1200 nits (puncak). iPhone 13 dan 13 Pro memiliki notch yang menampung sensor perangkat keras untuk pengenalan wajah 3D. Meskipun memiliki layar OLED, tidak satu pun dari perangkat ini memiliki pembaca sidik jari karena adanya Face ID yang merupakan otentikasi utama mereka.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

IPhone 13 dan 13 Pro ditenagai oleh prosesor yang sama: Apple A15 Bionic yang dibangun pada 5 nm yang merupakan salah satu prosesor paling canggih di seluruh pasar smartphone. Apa yang berubah di departemen perangkat keras mereka adalah RAM: Anda hanya mendapatkan RAM 4GB untuk varian standart dan 6GB untuk varian Pro. Selanjutnya, iPhone 13 Pro memiliki konfigurasi tambahan dengan penyimpanan internal 1 TB, sedangkan iPhone 13 menawarkan penyimpanan asli hingga 512 GB. Ponsel menjalankan iOS 15 di luar kotak dan mereka akan mendapatkan pembaruan besar selama tujuh tahun.

Kamera

Dengan iPhone 13 Pro, Anda mendapatkan pengaturan kamera yang lebih baik dan jumlah kamera yang lebih banyak di sisi belakang. Selain sensor utama 12 MP dengan bukaan fokus f/1.5 (lebih terang dari bukaan fokus f/1.6 iPhone 13), ada juga tiga sensor lainnya: kamera telefoto 12 MP dengan zoom optik 3x, sensor ultrawide 12 MP , dan pemindai TOF 3D LiDAR untuk peralatan AR. Vanilla iPhone 13 hanya memiliki kamera ganda dan sensor sekundernya adalah kamera ultrawide 12 MP seperti versi Pro, tetapi dengan aperture fokus yang lebih gelap: f/2.4, bukan f/1.8.

Baca juga: Vivo X70 Pro+ vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Di samping harga, satu-satunya keunggulan iPhone 13 jika dibandingkan dengan saudara kandungnya Pro adalah daya tahan baterai. Versi vanilla memiliki baterai yang lebih besar dibandingkan varian Pro, sehingga daya tahan baterainya bisa lebih lama. Teknologi pengisian dayanya sama.

Harga

Harga awal iPhone 13 adalah Rp 11 jutaan, sedangkan iPhone 13 Pro mulai dari Rp 14 jutaan. Jika kami mengecualikan masa pakai baterai, varian Pro lebih unggul dalam setiap aspek, tetapi Anda tidak memerlukannya karena iPhone 13 masih merupakan ponsel kelas atas yang luar biasa. Mana yang akan Anda pilih?

 

Berita Lainnya

Leave a Comment