Home GadgetSmartphone iPhone 13 Pro vs iPhone 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro vs iPhone 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaIPhone 13 resmi diluncurkan September lalu. Desainnya tidak banyak berubah, tetapi seri baru ini hadir dengan beberapa peningkatan di beberapa departemen. Sementara iPhone 13 Pro dan varian lainnya mulai dijual untuk pertama kalinya, harga seri iPhone 12 turun dan membuat mereka menawarkan nilai uang yang lebih tinggi. Apakah layak menghabiskan lebih banyak uang untuk model baru atau lebih masuk akal untuk menghemat uang untuk mendapatkan model dari generasi sebelumnya? Setelah membandingkan iPhone 13 dengan iPhone 12, kami memutuskan untuk membandingkan antara spesifikasi iPhone 13 Pro dan iPhone 12 Pro untuk memberi Anda sedikit gambaran.

Baca juga: iPhone 13 Pro Max vs Samsung Galaxy S21 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Seperti yang telah disebutkan, tidak ada perubahan besar dalam desain iPhone 13 Pro, tetapi ada pengoptimalan penting. notch-nya lebih kecil. Berkat pengelolaan ruang yang lebih baik, Apple mampu mengurangi ukuran notch hingga 20 persen. Tapi tidak semua yang berkilau itu emas: iPhone 13 Pro baru lebih tebal dan lebih berat daripada model lama. Selanjutnya, kamera belakang lebih menonjol dari ponsel generasi sebelumnya. Itulah mengapa memiliki notch yang lebih kecil tidak berarti memiliki ponsel yang lebih cantik. Kedua perangkat mempertahankan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan tahan debu, serta menggunakan Ceramic Shield.

Layar

Layar iPhone 12 Pro dan iPhone 13 Pro memiliki spesifikasi yang hampir sama. Satu-satunya perbedaan antara panel ini adalah notch yang lebih kecil pada iPhone 13 Pro dan kecepatan refresh. Keduanya menggunakan layar Super Retina XDR OLED dengan sertifikasi HDR10, dukungan Dolby Vision, dan resolusi Full HD+ 1170 x 2532 piksel. IPhone 13 Pro menambahkan kecepatan refresh 120 Hz, sedangkan pendahulunya memiliki kecepatan refresh standar 60 Hz. Ceramic Shield memungkinkan ketahanan tinggi dan lapisan oleophobic. Tidak seperti flagships Android, tidak ada pembaca sidik jari, tetapi pengguna dapat mengandalkan pengenalan wajah 3D untuk otentikasi.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

IPhone 12 Pro ditenagai oleh platform seluler Apple A14 Bionic yang dipasangkan dengan RAM 6GB dan memori internal hingga 512 GB. Sedang iPhone 13 Pro, Anda mendapatkan chipset Apple A15 Bionic, RAM 6GB, dan penyimpanan internal hingga 1TB. Apple A15 Bionic memberikan peningkatan kinerja CPU hingga 50 persen jika dibandingkan dengan Apple A14 Bionic, serta kinerja GPU 50 persen lebih baik. Itulah sebabnya departemen perangkat keras memiliki peningkatan yang signifikan dari pendahulunya. Apple A15 Bionic memiliki frekuensi clock 3,22 GHz dan iPhone 13 Pro menggunakan OS baru iOS 15, sedangkan 12 Pro dikirimkan dengan iOS 14. Ini berarti bahwa 13 Pro kemungkinan besar akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama.

Kamera

Selain peningkatan kinerja, iPhone 13 Pro juga memberikan peningkatan kamera. Anda masih mendapatkan tiga kamera dengan resolusi 12 MP yang dipasangkan dengan pemindai TOF 3D LiDAR, tetapi perangkat baru ini memiliki aperture fokus yang lebih cerah (untuk kamera utama dan sensor ultrawide) serta fitur yang lebih canggih untuk perekaman video (seperti ProRes dan Mode sinematik dengan suara stereo).

Baca juga: iPhone 13 Pro vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Dalam paragraf desain, kami memberi tahu Anda bahwa iPhone 13 Pro lebih tebal dan lebih berat dari pendahulunya. Ada alasan untuk ini dan itu adalah kehadiran baterai yang lebih besar. IPhone 13 Pro memiliki baterai dengan kapasitas 3095 mAh, sedangkan 12 Pro hanya 2815 mAh. Artinya, model baru ini mampu memberikan masa pakai baterai yang lebih lama di setiap skenario. Selanjutnya, ini juga mendukung pengisian kabel yang lebih cepat berkat kekuatan 23W. Jadi memiliki baterai yang lebih besar tidak berarti waktu pengisian yang lebih lama.

Harga

Harga awal iPhone 13 Pro adalah Rp 14 jutaan di AS dan iPhone 12 Pro dimulai dari label harga yang sama, tetapi sekarang telah turun dan Anda dapat dengan mudah menemukannya dengan harga kurang dari Rp 14 jutaan. Menurut pendapat kami, peningkatan iPhone 13 Pro membuatnya layak dimiliki.

Berita Lainnya

Leave a Comment