Home GadgetSmartphone iPhone 13 Pro vs iPhone 12 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro vs iPhone 12 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Memilih iPhone terbaik untuk kebutuhan Anda dan membelinya dengan harga yang masuk akal,  melakukannya bukanlah hal yang mudah. Anda dapat memilih model dari generasi baru atau Anda dapat memilih iPhone lama yang masih dijual untuk menghemat lebih banyak uang. Baru iPhone 13 Pro dan iPhone 12 Pro Max dijual dengan daftar harga yang sama karena kita berbicara tentang dasar Pro varian dari seri baru dan varian tertinggi dari seri lama. Namun mengingat harganya yang sama, mana yang sebaiknya Anda pilih? Itu tergantung pada kebutuhan Anda yang sebenarnya: berikut adalah perbandingan antara spesifikasi mereka yang akan menjawab pertanyaan ini dengan cara terbaik.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Desain

IPhone 13 Pro hadir dengan peningkatan penting dalam hal estetika, notch yang lebih kecil. 20 persen lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi lama. Di sisi lain, iPhone 13 Pro memiliki bodi yang lebih tebal dan modul kamera yang lebih menonjol karena mengemas sensor yang lebih canggih. Namun juga lebih ringkas berkat layarnya yang lebih kecil, dan juga lebih ringan dengan bobot 204 gram. Mengingat hadir dengan poni yang lebih kecil dan dimensi yang ringkas, saya sebenarnya lebih suka iPhone 13 Pro.

Layar

IPhone 13 Pro memiliki layar yang lebih canggih berkat satu tambahan: kecepatan refresh 120 Hz yang tinggi. Seri iPhone 12 adalah yang terbaru yang hanya hadir dengan kecepatan refresh standar, sedangkan varian Pro dari seri iPhone 13 adalah ponsel Apple pertama dengan kecepatan refresh tinggi. IPhone 13 Pro juga memberikan kecerahan yang lebih tinggi. Tetapi ada detail penting yang memungkinkan Anda memilih iPhone 12 Pro Max: ukuran layarnya yang lebih besar. IPhone 12 Pro Max lebih cocok untuk produktivitas karena layarnya 6,7 ​​inci, sedangkan iPhone 13 Pro memiliki panel 6,1 inci yang ringkas. Kedua layarnya adalah panel Super Retina XDR OLED dengan HDR10, Dolby Vision, dan resolusi 1170p, tetapi 13 Pro memiliki kecerahan rata-rata yang lebih tinggi.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Jika Anda ingin mendapatkan kinerja yang lebih tinggi, gunakan iPhone 13 Pro tanpa berpikir dua kali. Ini memiliki chipset Apple A15 Bionic yang lebih kuat yang memberikan kinerja CPU hingga 50 persen lebih baik dan kinerja GPU yang lebih baik. Konfigurasi memorinya sama, tetapi iPhone 13 Pro menambahkan varian keempat dengan penyimpanan internal 1 TB. Keuntungan penting lainnya dari iPhone 13 Pro adalah kehadiran iOS 15 di luar kotak, itulah alasan mengapa ia akan mendapatkan satu tahun lebih banyak dukungan perangkat lunak. Namun perhatikan bahwa meskipun iPhone 13 Pro memberikan kinerja yang lebih tinggi, iPhone 12 Pro Max mungkin tetap menjadi ponsel yang lebih baik untuk produktivitas karena layar dan baterainya yang lebih besar.

Kamera

IPhone 13 Pro memiliki peningkatan penting di bagian depan kamera. Pertama-tama, sensor dilengkapi dengan aperture fokus yang lebih cerah. Selanjutnya, pada 13 Pro, ada beberapa fitur tambahan yang meningkatkan kualitas foto dan video. Perangkat keras kamera tidak terlalu berbeda, tetapi beberapa perubahan di samping perangkat lunak baru membuat perbedaan.

Baca juga: Vivo X70 Pro+ vs iPhone 13 Pro Max: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Berkat dimensinya yang lebih besar, iPhone 12 Pro Max mengemas baterai yang lebih besar dan memiliki masa pakai baterai yang lebih lama. Kapasitas baterainya 3687 mAh, sedangkan iPhone 13 Pro hanya 3095 mAh. Perbedaan dalam hal masa pakai baterai itu penting, sementara kecepatan pengisiannya persis sama, tetapi 13 Pro secara alami mengisi daya lebih cepat karena kapasitas baterainya yang lebih kecil.

Harga

Saat ini Anda dapat membeli iPhone 13 Pro dan iPhone 12 Pro Max dengan harga kurang dari Rp 18 jutaan. Anda biasanya dapat menemukan harga bekas yang lebih baik untuk iPhone 12 Pro Max karena ini adalah perangkat yang lebih tua, sedangkan 13 Pro telah dijual hanya selama beberapa minggu. Kelebihan iPhone 12 Pro Max adalah layarnya yang lebih besar dan baterainya yang lebih besar, namun untuk selebihnya, iPhone 13 Pro lebih unggul. Ini memiliki layar yang lebih kecil, tetapi dilengkapi dengan prosesor yang lebih baik, kamera yang lebih baik, dan iOS 15.

Berita Lainnya

Leave a Comment