Home GadgetSmartphone iPhone 12 vs iPhone 11 Pro: Perbandingan Spesifikasi
iPhone

iPhone 12 vs iPhone 11 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Ketika iPhone baru keluar, banyak orang mulai menanyakan pertanyaan yang sama setiap tahun. Apakah lebih baik membeli versi standar dari seri generasi baru atau versi Pro / Max Namun dari iPhone generasi lama.

Setiap tahun jawaban atas pertanyaan ini tentu saja bisa berbeda karena ponsel Apple selalu hadir dengan spesifikasi berbeda. Itu sebabnya orang terus bertanya.

Tahun ini, lebih baik memilih iPhone 12 atau iPhone 11 Pro? Jawabannya sebenarnya tergantung pada kebutuhan pengguna.

Melalui perbandingan ini, kami berharap Anda dapat mengetahui ponsel mana yang paling cocok untuk Anda di antara kedua perangkat ini.

Baca juga: Vivo X50 Pro+ vs Xiaomi Mi 10 Ultra vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 12

Desain

Baik iPhone 12 dan iPhone 11 Pro memiliki desain premium, tetapi menurut kami, iPhone 11 Pro lebih premium. Nah, iPhone 12 memiliki Ceramic Shield. Di sisi lain, iPhone 11 Pro menggunakan kerangka baja tahan karat, bukan bingkai aluminium yang ditemukan pada iPhone 12. Tidak memiliki bingkai datar, tetapi lebih kokoh. Namun Anda harus mencatat bahwa iPhone 12 tahan air hingga kedalaman 6 meter, sedangkan iPhone 11 Pro mencapai maksimal 4 meter. IPhone 12 memiliki konektor MagSafe untuk pengisian daya nirkabel yang lebih baik dan fitur lainnya, sedangkan iPhone 11 Pro tidak. Terakhir, iPhone 11 Pro lebih ringkas dan lebih mudah digunakan dengan satu tangan. Pilihan saya adalah iPhone 11 Pro: apa yang akan Anda pilih?

Layar

iPhone 12 dan iPhone 11 Pro memiliki tampilan yang sangat mirip, meski tidak identik. Keduanya memiliki resolusi yang lebih unggul dari Full HD +, teknologi Super Retina XDR OLED, sertifikasi HDR10, Dolby Vision, gamut warna lebar, dan True Tone. IPhone 11 Pro memiliki kecerahan tipikal yang lebih tinggi, sedangkan iPhone 12 menawarkan panel yang lebih lebar. Apa pun yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan tampilan luar biasa dengan sangat sedikit pesaing di seluruh pasar, jadi jangan terlalu fokus pada hal ini. Kedua perangkat tidak menawarkan pemindai sidik jari tetapi mereka mengandalkan ID Wajah untuk otentikasi. Speaker stereo sport iPhone 12 dan 11 Pro untuk pengalaman audio yang luar biasa, tetapi tidak memiliki jack audio seperti semua seri mulai dari 7.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Perangkat keras dan kinerja adalah keunggulan utama Apple iPhone 12 dibandingkan iPhone 11 Pro. Ini memiliki chipset yang lebih kuat dengan Apple A14 Bionic, dan bahkan mendukung konektivitas 5G, tidak seperti para pesaingnya. Dengan iPhone 11 Pro, Anda bisa mendapatkan lebih banyak penyimpanan internal (hingga 512 GB penyimpanan asli), tetapi itulah satu-satunya keuntungan. IPhone 12 lebih cepat dan konektivitasnya lebih baik. Last but not least, ini menjalankan iOS 14 di luar kotak, sedangkan iPhone 11 Pro didasarkan pada iOS 13. Jadi tidak ada keraguan, iPhone 12 memenangkan perbandingan perangkat keras dan perangkat lunak.

Kamera

IPhone 11 Pro adalah ponsel yang lebih menarik untuk fotografi karena satu alasan, Perangkat ini menawarkan sensor telefoto tambahan ketiga dengan zoom optik 2x. IPhone 12 hanya memiliki dua sensor di sisi belakang. Sensor utama dan lensa ultrawide akan tetapi tidak memiliki sensor telefoto. Di dalam notch, Anda mendapatkan sensor yang sama dengan kedua perangkat: kamera selfie 12 MP dan sensor SL 3D untuk perhitungan kedalaman dan pengenalan wajah 3D. Dalam dua kata, iPhone 11 Pro memiliki kemampuan zoom yang lebih baik dan memberikan 2x zoom lossless berkat sensor khusus, sedangkan iPhone 12 tidak. Di sisi lain, iPhone 12 memiliki bukaan fokus yang lebih terang yang akan menangkap jumlah cahaya yang lebih tinggi untuk bidikan yang bagus dalam kondisi cahaya rendah, tetapi lensa telefoto tambahan jelas lebih penting.

Baterai

Meskipun iPhone 12 lebih besar dan memiliki layar yang lebih besar, perangkat hadir dengan baterai yang lebih kecil daripada iPhone 12 Pro. Ini tidak berarti bahwa iPhone 12 akan memiliki masa pakai baterai yang lebih pendek di setiap skenario karena memiliki chipset yang lebih efisien yang dibangun pada 5 nm, tetapi iPhone 11 Pro bertahan lebih lama dengan sebagian besar pola penggunaan berkat baterainya yang lebih besar, kurangnya dukungan 5G dan layar yang lebih kecil. iPhone 12 memiliki pengisian daya nirkabel yang lebih cepat dan dukungan MagSafe. Anda tidak mendapatkannya dengan 11 Pro. Bahkan pengisian daya kabel lebih cepat pada iPhone 12. Hanya ada perbedaan 2 Watt dalam pengisian cepat, tetapi iPhone 12 memiliki baterai yang lebih kecil dari 11 Pro, itulah mengapa pengisian lebih cepat.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Varian dasar iPhone 12 dengan penyimpanan internal 64GB memiliki harga daftar Rp 14 jutaan. Untuk iPhone 11 Pro, karena sudah lama dikeluarjkan dipastikan sudah ada perangkat yang dijual bekas. Anda bisa mendapatkannya dikisaran harga kurang dari Rp 15 jutaan bahkan dalam konfigurasi penyimpanan 256GB. Secara keseluruhan, iPhone 12 adalah ponsel yang lebih menarik daripada iPhone 11 Pro. Satu-satunya keunggulan pendahulunya adalah adanya sensor telefoto tambahan, rangka stainless steel, dan baterai yang sedikit lebih besar. Tetapi iPhone 12 memiliki chipset yang lebih baik, MagSafe, iOS asli 14, 5G, dan fitur yang lebih menarik. Kami Sendiri akan memilih iPhone 12 karena masa pakai baterainya masih bagus dan sensor telefoto tidak membuat perbedaan. Mana yang akan Anda pilih?

Berita Lainnya

Leave a Comment