Home GadgetSmartphone iPhone 12 Mini vs iPhone SE 2020: Perbandingan Spesifikasi
Apple

iPhone 12 Mini vs iPhone SE 2020: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Salah satu ponsel paling unik dan menarik yang dirilis pada tahun 2020 adalah iPhone 12 Mini, ini adalah salah satu ponsel andalan terkecil tahun ini dan terlihat cantik, meskipun masih belum diperdagangkan. Namun bukan satu-satunya ponsel kompak yang dirilis Apple pada tahun 2020 ini.

Apakah Anda sudah melupakan iPhone SE 2020 atau masih ada di benak Anda seperti hari pertama diluncurkan? Apakah layak mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli satu unit iPhone 12 Mini setelah tersedia atau iPhone SE 2020 cukup untuk kebutuhan Anda? Melalui perbandingan ini, kami akan mencoba memberi tahu Anda.

Baca juga: Vivo X50 Pro+ vs Xiaomi Mi 10 Ultra vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 12 Mini

Desain

iPhone SE 2020 memiliki desain yang sangat ketinggalan jaman. Perangkat ini memiliki estetika yang sama dengan iPhone 8, dengan bezel yang sangat tebal di sekitar layar dan masih Touch ID, bukan Face ID. Bahkan sisi belakangnya hampir identik. Handset ini memiliki kualitas build yang sangat bagus, termasuk kaca belakang, bingkai aluminium, dan tahan air dengan sertifikasi IP67, tetapi desainnya sangat kuno. Sedangkan IPhone 12 Mini jauh lebih segar dengan bezel sempit di sekitar layar dan notch-nya. Lebih jauh, meski memiliki layar yang lebih lebar dari iPhone SE 2020, ini bahkan lebih kompak. Last but not least, ini adalah ponsel yang lebih ringan dengan berat hanya 135 gram. Jika Anda membutuhkan desain terbaik dan paling ringkas, tidak ada alasan mengapa Anda harus memilih iPhone SE 2020.

Layar

Selain lebih cantik, iPhone 12 Mini memiliki tampilan yang lebih baik daripada iPhone SE 2020. Kami berbicara tentang panel OLED dengan warna lebih cemerlang, resolusi lebih tinggi (Full HD+), dan hitam lebih pekat, terhadap panel IPS klasik dengan lebih rendah resolusi. Keduanya adalah tampilan yang bagus, tetapi tidak mungkin iPhone SE 2020 dapat bersaing dengan iPhone 12 Mini. Namun, jika Anda tidak membutuhkan kualitas yang luar biasa dan Anda adalah pengguna biasa, iPhone SE 2020 sudah cukup untuk Anda.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Kedua Perngkat memberikan kinerja kelas atas. Keduanya sangat cepat dan stabil berkat chipsetnya yang kuat dan optimalisasi sistem operasi iOS yang luar biasa. Dengan prosesor Apple A14 Bionic yang terdapat di iPhone 12 Mini, Anda mendapatkan kinerja yang lebih tinggi dan konsumsi energi yang lebih rendah. Selanjutnya, iPhone 12 Mini menawarkan satu pertunjukan RAM lagi. Konfigurasi memori sama untuk setiap perangkat dan berkisar dari 64 GB hingga 256 GB. iPhone SE 2020 menjalankan iOS, sedangkan iPhone 12 Mini menjalankan iOS 14.

Kamera

Dengan iPhone 12 Mini, Anda mendapatkan satu kamera lagi di sisi belakang dan aperture fokus yang lebih cerah, sehingga menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup dan bidikan ultrawide. iPhone SE 2020 hanya memiliki satu kamera di sisi belakang. Keduanya mendukung OIS dan klik gambar yang bagus. IPhone 12 Mini juga dilengkapi dengan kamera depan yang superior. Sensor 12 MP dibandingkan dengan 7 MP yang terdapat pada iPhone 12 Mini. Lebih lanjut, iPhone 12 Mini memiliki sensor tambahan untuk pengenalan wajah 3D.

Baterai

Meski dimensinya lebih besar, iPhone SE memiliki baterai yang lebih kecil dari iPhone 12 Mini. Selain memiliki baterai yang lebih besar, iPhone 12 Mini memiliki tampilan yang lebih efisien (berkat teknologi OLED) dan chipset yang lebih efisien (berkat proses produksi 5 nm), sehingga mampu bertahan lebih lama dari iPhone SE 2020 dalam sekali pengisian daya. IPhone 12 Mini bahkan mendukung teknologi pengisian yang lebih cepat (baik pengisian kabel maupun nirkabel).

Baca juga: iPhone 12 Pro Max vs Huawei Mate 40 Pro vs Samsung Galaxy Note20 Ultra: Perbandingan Spesifikasi

Harga

Jika dibandingkan dengan iPhone12 Mini, satu-satunya keunggulan iPhone SE 2020 adalah harganya. Handset mulai dari hanya Rp 8,5 jutaan, menjadikannya telepon yang paling terjangkau dan bernilai uang yang dirilis oleh Apple. Untuk iPhone 12 Mini, Anda memerlukan setidaknya Rp 14 jutaan. Harganya lebih dari 50 persen lebih tinggi jika Anda memilih ponsel kompak terbaru dari Apple. IPhone 12 Mini menawarkan desain yang lebih baik, tampilan yang lebih baik, kinerja yang lebih tinggi, kamera yang lebih baik, dan bahkan baterai yang lebih besar. Namun untuk pengguna biasa, perbedaan harga mungkin tidak dapat dibenarkan. Perbedaan antara kedua ponsel pasti terlihat oleh semua orang, tetapi kebanyakan pengguna rata-rata seharusnya tidak membutuhkan kelebihan yang ditawarkan oleh iPhone 12 Mini. Meskipun demikian, iPhone 12 Mini memenangkan perbandingan tanpa keraguan.

Berita Lainnya

Leave a Comment