Home GadgetSmartphone iPhone 12 mini vs iPhone 13 mini: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 13 mini

iPhone 12 mini vs iPhone 13 mini: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Untuk pertama kalinya, Apple mulai merilis varian Mini ponselnya dengan dimensi ringkas namun tetap spesifikasi kelas flagship. iPhone 12 Mini adalah model pertama dan itu merupakan pengganti yang sempurna untuk seri SE, meskipun lebih mahal karena spesifikasi yang lebih tinggi. Kini, Apple merilis varian mini lainnya dengan seri 13: iPhone 13 mini . Sementara iPhone 13 mini mulai dijual pastinya harga pendahulunya turun. Dan sekarang menjadi sulit bagi Anda untuk memahami mana yang menawarkan nilai terbaik. Perbandingan antara iPhone 12 mini dan 13 mini ini semoga membantu Anda memahami mana yang terbaik.

Baca juga: Redmi Note 10T 5G vs Realme 8 5G vs OPPO A54 5G: Perbandingan Spesifikasi

Desain

Ada dua peningkatan penting dalam desain iPhone 13 mini baru. Yang pertama adalah notch 20 persen lebih kecil dari pendahulunya, sehingga layar mencakup area panel depan jadi lebih besar. Selanjutnya, ada penempatan yang lebih baik untuk kamera belakang, sensor ditempatkan secara diagonal, bukan vertikal, yang merupakan penempatan yang lebih indah untuk perangkat dengan modul kamera berbentuk persegi. Di sisi lain, iPhone 12 mini sedikit lebih tipis dan ringan karena memiliki baterai yang lebih kecil. Selanjutnya, iPhone 12 mini memiliki modul kamera yang tidak terlalu menonjol.

Layar

Tampilan iPhone 12 mini dan iPhone 13 mini memiliki spesifikasi yang hampir sama. Mereka adalah panel Super Retina XDR OLED dengan diagonal 5,4 inci, sertifikasi HDR10, kecepatan refresh standar, dan dukungan Dolby Vision. Tetapi ada dua perbedaan antara panel ini: yang pertama, seperti yang telah disebutkan, adalah notch, lebih kecil pada iPhone 13 mini. Selanjutnya, iPhone 13 mini memberikan kecerahan yang lebih tinggi dengan puncak 1200 nits. Meskipun notch-nya lebih kecil, iPhone baru memiliki fitur sensor SL 3D untuk pengenalan wajah 3D yang tersedia melalui teknologi ID Wajah.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

IPhone 13 mini ditenagai oleh prosesor yang lebih kuat jika dibandingkan dengan iPhone 12 mini. Kita berbicara tentang Apple A15 Bionic yang dibangun pada 5 nm dengan frekuensi clock 3,22 GHz dan GPU berpemilik 4-core. Berkat chipset ini, Apple iPhone 13 mini mampu memberikan kinerja CPU hingga 50 persen lebih baik dan kinerja GPU 30 persen lebih baik. 13 mini hadir dalam tiga konfigurasi memori: 128GB, 256GB, dan 512GB, semuanya dengan RAM 4GB. IPhone 12 mini hadir dalam varian dasar dengan penyimpanan internal 64GB, varian 128GB, dan konfigurasi 256GB. Model terbaru dikirimkan dengan iOS 15 di luar kotak, sedangkan 12 mini didasarkan pada iOS 14.

Kamera

Berbicara tentang perangkat keras kamera, tidak ada perbedaan antara kedua ponsel ini jika kita berbicara tentang spesifikasi dasar kamera. Mereka memiliki kamera belakang ganda termasuk sensor utama 12 MP dengan OIS dan kamera ultrawide 12 MP. Tetapi jika Anda menggali lebih dalam, Anda akan menemukan bahwa iPhone 13 mini memiliki stabilisasi yang lebih baik (sensor-shift OIS) dan ukuran piksel yang lebih besar yang memungkinkannya menangkap lebih banyak cahaya. Kamera depan sama persis: sensor 12 MP dipasangkan dengan sensor biometrik SL 3D.

Baca juga: Xiaomi Mi Pad 5 Pro vs Mi Pad 5: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Last but not least, iPhone 13 mini mampu memberikan masa pakai baterai yang lebih lama dengan sekali pengisian daya karena mengemas baterai yang lebih besar. Kapasitas baterainya adalah 2438 mAh, sedangkan iPhone 12 mini berhenti di 2227 mAh. Peningkatan dalam hal masa pakai baterai itu penting, tetapi kecepatan pengisian daya tetap sama.

Harga

Harga awal iPhone 12 mini di AS adalah Rp 7 jutaan, sementara  IPhone 13 mini berharga $ 699 di AS dan mulai dari sekitar Rp 13 jutaan di Eropa. Ada banyak peningkatan dengan iPhone 13 mini yang membuatnya lebih baik dari pendahulunya: ia memiliki desain yang lebih baik, baterai yang lebih besar, kamera yang superior, dan perangkat keras yang jauh lebih baik. Apakah akan menghabiskan lebih banyak untuk perbaikan ini?

Berita Lainnya

Leave a Comment