Home GadgetSmartphone iPhone 11 Pro Max vs iPhone 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi
iPhone 12 Pro

iPhone 11 Pro Max vs iPhone 12 Pro: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Dalam kisaran harga yang sama, Anda sebenarnya bisa mendapatkan iPhone 11 Pro Max atau iPhone 12 Pro. iPhone 11 Pro Max mendekati harga yang baru karena memang sudah mengalami penurunan, sedangkan iPhone 12 Pro sebenarnya dijual dengan harga yang tercantum.

Apakah masuk akal untuk tetap memilih 11 Pro Max pada tahun 2021 atau lebih baik mengambil satu unit iPhone 12 Pro? Kami berharap dapat membantu Anda dengan keputusan ini dengan artikel perbandingan spesifikasi ini yang akan menyoroti perbedaan utama antara iPhone 11 Pro Max dan 12 Pro.

Baca juga: iPhone 12 Mini vs iPhone SE 2020: Perbandingan Spesifikasi

iPhone 12 Pro

Desain

Baik iPhone 12 Pro dan 11 Pro Max hadir dengan bahan premium yang luar biasa. Bodi mereka terdiri dari kaca belakang dan rangka baja tahan karat dan keduanya hadir dengan desain tanpa bingkai termasuk lekukan di panel depan. Saya lebih suka 12 Pro karena memiliki dimensi yang lebih ringkas, profil yang lebih menarik, dan ketahanan air yang lebih baik (tahan air hingga kedalaman 6 meter, bukan 4 meter yang dijamin oleh 11 Pro Max). Terakhir, iPhone 12 lebih tipis dan ringan.

Layar

Tampilan iPhone 11 Pro Max dan 12 Pro tidak terlalu berbeda di antara keduanya. Keduanya menampilkan panel Super Retina XDR OLED dengan sertifikasi HDR10+ dan kecerahan hingga 1200 nits, serta teknologi Dolby Vision dan True-Tone, dan gamut warna yang lebar. 11 Pro Max memiliki lebih banyak piksel tetapi kerapatan pikselnya kurang lebih sama. Perbedaan sebenarnya adalah tampilan diagonal: Anda hanya mendapatkan 6,1 inci pada iPhone 12 Pro, sedangkan 11 Pro Max memiliki layar 6,5 inci. Itulah yang akan membuat saya memilih 11 Pro Max. Keduanya memiliki notch yang menyertakan sensor untuk pengenalan wajah 3D, dan tidak mengemas pemindai sidik jari.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Untuk dapur pacu dan perangkat lunak adalah salah satu perbedaan terpenting antara iPhone 11 Pro Max dan iPhone 12 Pro. 12 Pro dilengkapi dengan chipset Apple A14 Bionic yang lebih kuat yang dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal hingga 512GB. iPhone 11 Pro Max memiliki RAM dan penyimpanan asli yang sama, tetapi dilengkapi dengan Apple A13 Bionic yang lebih lemah. 12 Pro sebenarnya lebih cepat dan juga dilengkapi dengan sistem operasi yang lebih baru di luar kotak. Kami secara alami berbicara tentang iOS 14.

Kamera

Kamera iPhone 11 Pro Max dan iPhone 12 Pro sangat mirip, tetapi ada beberapa perbedaan penting. IPhone 12 Pro memiliki aperture fokus yang lebih cerah untuk kamera utama sehingga harus dapat menghasilkan foto yang lebih baik dalam banyak kondisi. Lebih lanjut, iPhone 12 Pro memiliki pemindai LiDAR tambahan yang mengambil info kedalaman untuk peralatan AR dan lainnya. Anda sebenarnya dapat mengambil foto yang lebih baik dan merekam video yang lebih baik dengan iPhone 12 Pro. Kamera depannya persis sama, termasuk sensor 12 MP dan sensor SL 3D untuk pengenalan wajah 3D.

Baca juga: Vivo X50 Pro+ vs Xiaomi Mi 10 Ultra vs OPPO Find X2 Pro: Perbandingan Spesifikasi

Baterai

Baterai 11 Pro Max jauh lebih besar daripada yang ditemukan di 12 Pro. Itulah alasan mengapa masa pakai baterai 11 Pro Max lebih lama di hampir setiap skenario. Anda mendapatkan 3969 mAh dengan hanya 2815 mAh dan tidak ada yang dapat dilakukan chipset A14 Bionic 5 nm untuk mengisi celah tersebut. Di sisi lain, Anda mendapatkan dukungan MagSafe dengan iPhone 12 Pro, yang memungkinkan pengisian daya nirkabel yang lebih baik.

Harga

Berkat harga jalanan online, Anda sebenarnya dapat menemukan varian 256 GB dari iPhone11 Pro Max dengan harga sekitar Rp 22 jutaan, sedangkan iPhone 12 Pro mulai dari  Rp 20 jutaan. Satu-satunya keunggulan nyata yang ditawarkan oleh 11 Pro Max adalah baterainya yang lebih besar dan layarnya yang lebih lebar, tetapi jika Anda mengecualikannya, tidak masuk akal untuk mendapatkan Pro Max dengan 12 Pro dalam kisaran harga yang sama. Dengan 12 Pro, Anda bisa mendapatkan departemen kamera yang lebih baik, chipset kelas atas, MagSafe, dan 5G yang tentunya merupakan fitur yang lebih penting.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment