Home News Huawei Dukung Kesiapan Jaringan untuk Pengembangan Layanan VoLTE oleh XL AXIATA di Medan
Layanan VoLTE

Huawei Dukung Kesiapan Jaringan untuk Pengembangan Layanan VoLTE oleh XL AXIATA di Medan

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaHuawei Indonesia bermitra dengan XL Axiata, telah menyiapkan jaringan dan pengembangan layanan VoLTE (Voice over LTE) di kota Medan. Kemitraan ini akan semakin mendukung bisnis komunikasi di Indonesia untuk memperkenalkan layanan VoLTE.

Solusi voice over long term evolution (VoLTE) adalah sebuah solusi suara berbasis IMS untuk jaringan LTE di mana seluruh layanan suara, video, SMS, dan layanan tambahan diproses di jaringan IMS. Sebelumnya, pelanggan harus berpindah secara otomatis dari jaringan 4G ke 3G sebelum melakukan panggilan telepon ketika sedang berinternet. Dengan VoLTE, pelanggan dapat melakukan panggilan telepon langsung di jaringan 4G sehingga waktu sambung menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Baca juga: Huawei Luncurkan Solusi Cloud untuk Pembayaran Digital

Layanan VoLTE juga memberikan kualitas suara yang jauh lebih baik ketika melakukan panggilan telepon. Hal ini terjadi, karena layanan VoLTE memiliki standar kualitas layanan yang tinggi, sehingga kualitas suara yang dihasilkan benar-benar jernih (high definition voice) seperti berbicara tatap muka secara langsung. Hal ini berbeda dengan ponsel berbasis aplikasi OTT yang menggunakan koneksi internet yang kualitas suara yang dihasilkan tergantung dari kualitas jaringan internet saat itu. Selain itu, kecepatan koneksinya sangat cepat.

Untuk dapat menyediakan layanan VoLTE ini, XL Axiata telah membangun IMS berbasis virtual dari Huawei, mengaktifkan VoLTE untuk mencakup seluruh jaringan di kota Medan dan mengoptimalkan jaringan transport. Solusi IMS Huawei menggunakan platform cloud berorientasi NFV, yang memanfaatkan teknologi virtualisasi dan komputasi awan untuk memisahkan perangkat lunak dari perangkat keras. Dengan IMS, layanan lain seperti video, SMS dan layanan tambahan juga dapat diberikan kepada pelanggan XL Axiata.

Sebagai kota terbesar di provinsi Sumatera Utara, Kota Medan dengan jumlah penduduk sebesar 2,4 juta jiwa, pengembangan jaringan layanan VoLTE di kota tersebut merupakan langkah besar dalam transformasi komunikasi digital di Indonesia, terlebih selama pandemi Covid-19 ini.

Setelah pembaruan OTA (Over-the-air Programing) dari produsen perangkat VoLTE telah tersedia, pelanggan XL Axiata di kota Medan, yang telah menggunakan perangkat yang mendukung layanan VoLTE XL Axiata, dapat dengan cepat merasakan VoLTE dan menikmati semua manfaat yang dihasilkannya. Karenanya, XL AXIATA optimis layanan VoLTE akan menjadi fitur layanan suara pilihan pelanggan. Dan kedepannya, lebih banyak kota akan segera dilayani oleh XL AXIATA.

Plt. Chief Technology Officer XL AXIATA, I Gede Darmayusa mengatakan, saat ini XL Axiata telah menyediakan jaringan layanan 4G yang menjangkau lebih dari 450 kota di Indonesia. Secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL Axiata akan ada di tiga belas kota yang kemudian akan terus kami perluas. XL Axiata telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core.

“Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE) dapat berjalan dengan baik. Huawei sebagai salah satu perusahaan ICT terdepan yang menyediakan teknologi IMS dan VoLTE telah mendukung XL Axiata dalam transformasi gaya hidup digital ini, terlebih lagi kemitraan dengan Huawei telah terjalin mulai dari era 2G di Indonesia,” ujar I Gede.

“Kapasitas jaringan data XL Axiata juga terus ditingkatkan seiring dengan semakin meningkatnya trafik layanan data setiap tahun. Hingga semester 1 2020, trafik data telah meningkat lebih dari 40% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kapasitas jaringan yang telah ditingkatkkan sebesar 2x lipat akan mampu melayani peningkatan trafik data sejak masyarakat menjalani aktivitas bekerja dan belajar dari rumah guna mengindari penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Catherine Guan, Huawei Account Director for XL Axiata mengatakan, “Data merupakan kunci yang mendorong kesuksesan bisnis operator. Jaringan yang mendukung konvergensi data akan kian membantu XL Axiata dalam menciptakan nilai-nilai bisnis baru di era layanan 4G dan 5G sekarang ini. Adopsi teknologi VoLTE merupakan tonggak baru dalam pengembangan ekosistem digital, serta meningkatkan pengalaman pelanggan dengan layanan suara berkualitas dan lebih jernih. Selama perjalanan ini, kami merasa terhormat dapat mendukung XL Axiata agar dapat tampil sebagai operator data terdepan di Indonesia.

Baca juga: Huawei MatePad T8, Tablet Murah Harga Rp 1,6 jutaan

“Kami optimistis bahwa kehadiran VoLTE akan membawa manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia melalui suguhan kualitas layanan suara yang lebih baik dalam mendukung transformasi gaya hidup digital di masa kini,” ungkap Catherine

Solusi Huawei VoLTE telah berevolusi dari CS ke jaringan VoLTE all-IP untuk menyediakan layanan suara HD, video HD, dan multimedia bagi pelanggan. Solusi ini mempertahankan dan menggabungkan layanan suara dan dalam mendukung cloudfication. Solusi E2E Huawei VoLTE mencakup jaringan IMS, EPC, CS, SDM, pensinyalan, dan LTE. Huawei telah membantu banyak operator menyebarkan jaringan layanan VoLTE secara komersial, misalnya, jaringan VoLTE komersial berbasis eSRVCC pertama dan jaringan VoLTE komersial berbasis NFV pertama. Solusi Huawei VoLTE adalah pilihan optimal untuk operator telekomunikasi di Indonesia dan dunia.

Berita Lainnya

Leave a Comment