Home News Awas! Penipuan Penggalangan Dana Di Facebook

Awas! Penipuan Penggalangan Dana Di Facebook

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaFacebook kini sedang mengalami gelombang aktivitas kampanye berupa penggalangan dana palsu. Polanya cukup sederhana, pelaku akan membuat sebuah grup kemudian mereka tambahkan beberapa konten untuk diposting.

Mereka akan memberikan rincian cara melakukan transfer bank didukung dengan komentar yang cukup terlihat ramai dan meyakinkan.

[Baca juga : 7 CARA AMAN MELINDUNGI AKUN FACEBOOK]

Grup tersebut cenderung akan bersifat klise (mengikuti template). Nama grup berisi permohonan bantuan, dan konten postingan akan menggambarkan sebuah cerita emosional, biasanya tentang anak-anak yang menderita penyakit parah, kemudian diilustrasikan oleh foto dan video yang diposting pada laman grup.

Beberapa posting biasanya menyalin kata-demi-kata dari postingan grup penipuan lainnya. Satu-satunya detail yang berbeda di setiap grup adalah nama anak, diagnosa penyakit, dan nama rumah sakit tempat mereka menerima perawatan.

Seringkali informasi kontak dan rincian transfer bank tertera persis sama pada beberapa grup, dimana ini menjadi indikator penipuan yang paling dapat diandalkan dan seharusnya mudah untuk diketahui.

[Baca juga : FACEBOOK CAFE HADIR DI JAKARTA]

Grup penipuan baru dapat muncul setiap bulannya, dan meskipun keluhan dari masyarakat mampu menghentikan aksinya dengan cepat, masih terdapat beberapa pengguna sudah terlanjur masuk dan melakukan transfer sejumlah dana kepada para penipu.

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment