Home Review Hands-On Samsung Galaxy A01 : Khusus Gen Z Pemula
Galaxy A01

Hands-On Samsung Galaxy A01 : Khusus Gen Z Pemula

by infogadgets Indonesia

infogadgets – Samsung membuat banyak perubahan signifikan pada jajaran smartphone di kelas menengah bawah di 2019 untuk bisa bersaing dengan beberapa perangkat yang berasal dari China. Memperluas cakupan seri Galaxy A untuk memasukkan semua segmen, mulai dari perangkat entry-level hingga midrange premium. Ini tentunya membawa kemudahan penggemar perangkat Samsung untuk memudahkan dalam memilih.

Salah satunya adalah Galaxy A01 adalah model entry-level terbaru dari Samsung. Dalam hal penentuan posisi, perangkat berada di atas Galaxy A2 Core yang didukung Android-Go dan di bawah Galaxy A10. Seharusnya di atas kertas akan bersaing dengan Redmi 8 dan Realme C3.

Baca juga : Bedah Detail Kamera Galaxy S20 Series

Hari ini infogadgets.info diundang secara khusus untuk mencoba perangkat yang memiliki dua pilihan warna, Black dan Blue, dan warna Red yang akan hadir bulan April 2020.

Seperti apa keistimewaan perangkat yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.000 ini? Berikut ulasan singkatnya.

Desain

Galaxy A01 Galaxy A01 secara desain tidak memiliki ke istimewaan, sama dengan perangkat entry level di Seri Galaxy A khususnya Galaxy A10s. Dengan dimensi 146.2 x 70.9 x 8.3 mm dan berat 149g, A01 lebih kecil dan lebih ringan dari A10 tetapi memiliki struktur dan desain plastik yang serupa.

Di bagian depan, Galaxy A01 memiliki layar Infinity dengan notch berbentuk v dan bagian bawah yang relatif besar. Berbeda dengan model Galaxy A 2020 lainnya, tombol power masih di sisi kanan perangkat, sementara volume volume ada di sebelah kiri.

Galaxy A01Galaxy A01Galaxy A01Galaxy A01Galaxy A01

Baki SIM ditempatkan di atas tombol power dan termasuk slot microSD khusus untuk ekspansi penyimpanan. Sisi atas perangkat terdapat jack 3,5 mm sedangkan sisi bawah ada port micro-USB, dan mic.

Baca juga : Samsung Galaxy M31, Spesifikasi, Fitur dan Harga

Sisi belakang A01 memiliki modul dual-kamera yang tersusun secara vertikal dengan lampu kilat LED di sudut kiri atas, branding Samsung di tengah, dan kisi-kisi speaker di sudut kiri bawah. Berbeda dengan A10, A01 tidak memiliki pemindai sidik jari.

Layar

Galaxy A01 Layar pada Galaxy A01 mirip dengan apa yang Anda temukan pada A10 tetapi ukurannya lebih kecil. Ini adalah layar Infinity-V 5,7 inci dengan rasio aspek 19,5: 9. Perangkat ini  memiliki resolusi 720 × 1520 piksel, yang memberikan kerapatan piksel ~ 301 PPI. Ini sedikit lebih tinggi dari kerapatan piksel A10s.

Galaxy A01 menggunakan panel IPS LCD, tentunya tampilan tidak seindah dengan kontras layar Super AMOLED yang ada pada perangkat Galaxy A lainnya. Namun, mengingat label harga A01 yang rendah, kualitas dan spesifikasi layar masih lebih dari cukup.

Baca juga : Realme X50 Pro vs Xiaomi Mi 10 vs Samsung Galaxy S20 : Semua Berkualitas?

Performa

Galaxy A01 Galaxy A01 adalah perangkat termurah sejauh ini dalam jajaran seri A untuk tahun 2020, dan spesifikasinya mencerminkan hal itu. Muncul dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 439 (12 nm) yang menggunakan (4 × 1.95GHz core + 4 × 1.45GHz core) disokong RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB.

Dibandingkan dengan A10, A01 memiliki layar yang lebih kecil, chipset yang lebih lemah, penyimpanan internal yang lebih sedikit, dan baterai yang lebih kecil hanya 3000 mAh. Ini juga tidak memiliki sensor sidik jari namun dilengkapi dengan fitur keamanan Face Recognition yang memudahkan pengguna membuka smartphone hanya dengan biometric, yaitu wajah Anda. Teknologi Face Recognition memberikan keamanan akses smartphone hanya untuk Anda sendiri yang menjaga data pribadi Anda tidak jatuh ke tangan orang lain.

Kamera

Galaxy A01 Galaxy A01 dilengkapi Dual Camera berkapasitas 13MP (F2.2) dan 2MP (Depth) dengan fitur Live Focus yang dapat membantu pengguna untuk menyesuaikan efek blur sebelum dan sesudah mengambil gambar untuk hasil foto dan video.

Dilengkapi dengan fitur smart selfie expression yang tersemat di kamera depan Galaxy A01 dengan kapasitas 5MP (F2.2) untuk hasil foto selfie dengan efek bokeh yang sedang tren, didesain khusus untuk generasi Z yang senang membuat konten-konten menarik.

Galaxy A01

Ditambah dengan beragam fitur-fitur yang fun seperti AR stiker, stamp, dan juga filter-filter menarik untuk membantu pengguna mengekspresikan kreasi ataupun untuk kebutuhan update Instagram ataupun WhatsApp story.

Interface

Galaxy A01 Interface salah satu keunggulan terbesar dari Galaxy A01. Perangkat ini menjalankan Android 10 dengan Samsung One UI 2.0 . Pengalaman perangkat lunak di sini tidak ada yang istimewa, dan fitur-set adalah apa yang Anda harapkan dari smartphone Galaxy segmen bawah.

Kita harus menunggu dan melihat apakah Samsung memperluas kebijakan dengan update software untuk perangkat kelas bawah. Jika ya, maka A01 akan menerima Android 11 dan 12 di tahun mendatang.

Fitur Lainnya

Galaxy A01 Fitur Diagnostic dan Optimization pada aplikasi Samsung Member yang telah pre-loaded di Galaxy A01 memudahkan pengguna untuk mengoptimalkan kinerja smartphone ini kapan saja.

Sementara fitur layanan lainnya seperti live chat, remote service dan call center sedekat ujung jari pengguna di kapan saja dibutuhkan melalui fitur Get Help dalam aplikasi Samsung Member.

Baca juga : Samsung Galaxy S20 vs Galaxy S20+ vs Galaxy S20 Ultra: Apa Bedanya?

 Kesimpulan

Galaxy A01 Samsung memang menghadirkan Galaxy A01 khusus Gen Z yang benar-benar masih pemula. Memiliki keunggulan Dual Camera dan Snapdragon 439 Mobile Platform, sebuah smartphone yang dapat merekam sejuta gaya mereka, dan menikmati film dan video favorit hiburan tanpa nge-lag.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment