Home News Hadapi Revolusi Industri 4.0, Bekraf Siap Mengembangkan Kualitas SDM

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Bekraf Siap Mengembangkan Kualitas SDM

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaBadan Ekonomi Kreatif (Bekraf) siap mengembangkan kualitas SDM hadapi revolusi Industri 4.0. Sebabnya pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terus digalakkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berbagai cara ditempuh dalam pengembangan kualitas SDM agar bisa memenuhi kebutuhan revolusi industri 4.0.

[Baca juga : ALIBABA LUNCURKAN AI INFERENCE CHIP UNTUK E-COMMERCE]

“Bekraf secara aktif menyelenggarakan berbagai program pengembangan kompetensi SDM di berbagai subsektor ekonomi kreatif yang tersebar di seluruh Indonesia. Peningkatan kualitas SDM ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan industri di era 4.0,” ungkap Kepala Bekraf Triawan Munaf saat media gathering bertajuk Bincang Bareng Bekraf di Kaum Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Kegiatan media gathering tahunan ini sebagai ajang silaturahmi dengan media sekaligus menyampaikan kinerja dan capaian Bekraf. “Selama satu tahun terakhir, kami telah menyelenggarakan berbagai program untuk peningkatan kualitas SDM,” katanya.

Program tersebut di antaranya adalah Orbit, SCARA, LOCK, Create, IKKON, Docs by The Sea, BIGGER, BEACON, Creative Labs Bekraf Developer Day (BDD), Bekraf for Pres Startup (Bekup), Kelas Keuangan, sertifikasi profesi, pelatihan Komisi Film Daerah (KFD) dan lainnya.

Selain itu, ada pula upaya monetisasi produk kreatif melalui program Katapel, Identities, Food Startup Indonesia, Go Startup Indonesia, Kreatifood, dan mengikutsertakan pelaku kreatif dalam event internasional.

Badan kreatif ini juga melakukan upaya penguatan ekosistem ekonomi kreatif di tingkat nasional di antaranya sosialisasi Rindekraf, Bantuan Pemerintah (Banper), Satu Pintu, travel grant ekosistem juga dilakukan di tingkat regional maupun dunia melalui ASEAN Penguatan Regional Workshop on Creative Economy, Asia Content Business Summit 2019, dan Friends of Creative Economy (FCE).

Berbagai upaya dalam penguatan ekosistem ekonomi kreatif akan ditampilkan dalam Bekrof Festival 2019 yang akan dilaksanakan di Benteng Vastenburg, Solo pada Jumat- Minggu, 4-6 Oktober 2019.

[Baca juga : PESAN KOPI DI STARBUCKS KINI BISA LEWAT SUARA]

Selain menghadirkan program pengembangan SDM (talkshow, workshop dan seminar), acara ini juga dimeriahkan dengan showcase, fashion show, hiburan musik, hingga pasar kreatif.

Mengusung tema Kita, Kaya, Karya, Bekraf Festival 2019 juga menampilkan karya kreatif Indonesia hasil kolaborasi dengan pengrajin lokal.

Berita Lainnya

Leave a Comment