Programmer Ini Pakai MacBook Air M1 untuk Menambang Ethereum

Menambang Ethereum MacBook Air M1

infogadgets.info, Jakarta – Seorang programmer telah menemukan cara untuk menambang mata uang kripto Ethereum menggunakan MacBook Air bertenaga Apple M1. Bagaimana caranya?

Programmer bernama Yifan Gu ini berhasil membobol sistem keamanan prosesor Apple M1 dan memakai laptop MacBook Air sebagai alat untuk menambang Ethereum.

Dilansir Telset dari Gizchina pada Senin (3/1/2021), ia pun membagikan cara untuk menambang mata uang kripto tersebut melalui situs GitHub.

Menurut Yifan, efisiensi menambang Ethereum lewat perangkat berbasis Apple M1 hanya cocok untuk pemula atau orang yang baru terjun ke dunia mata uang kripto.

{Baca juga: Duh! Pria Ini Buang Hardisk Bitcoin Senilai Rp 3,7 Triliun}

Kecepatan penambangan menggunakan MacBook Air M1 hanya 2MH/s dengan konsumsi daya sekitar 17-20 watt. Jika dikalkulasi, pendapatan harian yang didapatkan sekitar USD 0,14 atau sekitar Rp 2.000-an saja.

Menambang Ethereum MacBook Air M1

Penghasilan tersebut tentu saja sangat jauh daripada menggunakan perangkat dengan chip CMP atau Cryptocurrency Mining Processor milik Nvidia.

Meski demikian, menambang mata uang Ethereum dengan MacBook Air M1 merupakan cara baru untuk penambangan aset kripto dengan menggunakan chip berbasis ARM.

Cara yang ditemukan Yifan pun menjadi solusi alternatif di tengah langkanya chip semikonduktor gara-gara penambangan mata uang kripto yang makin masif.

Dilaporkan sebelumnya, akibat langkanya stok kartu grafis untuk PC, sejumlah penambang mata uang kripto di China akhirnya terpaksa memborong laptop gaming murah. Para penambang ini membeli sejumlah laptop baru langsung dari pembuatnya.

{Baca juga: Ethereum Naik, Penambang Mata Uang Kripto Borong Laptop Gaming}

Kemudian, laptop yang menggunakan Nvidia RTX 3070 dan 3060 tersebut dipasang di rak khusus yang dapat dikonfigurasi hanya dalam beberapa menit saja.

Proses penambangan juga semakin mudah. Berkat bantuan situs berita yang tidak bereputasi baik, para penambang bisa menghasilkan pundi-pundi uang hanya dalam beberapa jam saja.

Akan tetapi, penambangan menggunakan laptop biayanya bisa lebih tinggi karena tak semua komponen yang ada bisa berguna untuk proses penambangan. (MF)

VIAGizchina
SOURCEBlog Yifan Gu
Previous articleCara download Video dan GIF di Twitter, Android dan PC
Next articleBeli iPhone 12 Pro Max, Wanita Ini Malah Dapat Yogurt Rasa Apel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here