Review Earphone OPPO Enco W51 – Audionya Jernih, Detil dan nge-Bass Banget

infogadgets.info.id – Tidak hanya smartphone saja, pengguna zaman sekarang juga memerlukan perangkat tambahan untuk mendukung aktivitasnya. Selain smartwatch, perangkat lain yang sedang menjadi tren yaitu earphone jenis TWS atau True Wireless Stereo. Itulah mengapa para vendor smartphone juga meluncurkan perangkat tambahan tersebut. Seperti OPPO yang sudah mengeluarkan beberapa produk earphone TWS. Dan yang paling terbaru ada earphone OPPO Enco W51.

earphone oppo enco W51 (2)

Sebelumnya OPPO pernah merilis seri earphone OPPO Enco W11 yang memiliki desain minimalis. Bentuknya hanya bulat lonjong tanpa ada bagian ‘ranting’ yang menjulur ke bawah. Nah, di seri Enco W51 OPPO menghadirkan earphone dengan TWS yang desainnya memiliki ‘ranting’ dan ini terasa lebih membantu saat memgang, memasang hingga melepas earphone ini dari telinga.

Baca juga : Review OPPO Enco W11 Toys Story Edition – Earphone TWS 500 Ribuan

Menariknya, OPPO menyediakan tiga pasang earbud atau karet penahan earphone ini di dalam kotak pembelian, dengan ukuran yang berbeda, yaitu L, S dan XS. Earbud ini bisa dipasang dan disesuaikan dengan ukuran lubang telinga agar terasa nyaman saat menyumpalkan earphone ini. Tidak perlu khawatir saat menggunakan earphone TWS ini ditelinga, karena earbud-nya akan menahan dengan sempurna sehingga tidak akan lepas meski penggunanya bergerak aktif.

Koneksi Mulus
Tanpa perlu ribet-ribet, earphone OPPO Enco W51 ini bisa dikoneksikan dengan smartphone atau perangkat lainnya dengan mudah dan cepat, melalui koneksi Bluetooth. Begitu kedua earphone ini dikeluarkan dari cangkangnya dan dikenakan di telinga, koneksi Bluetooth nya langsung dikenali di smartphone, tentunya Bluetooth di smartphone sudah On.

Dilengkapi dengan chip Bluetooth 5.0 yang merupakan teknologi yang baru, mampu menjamin koneksi berjalan dengan mulus. Earphone OPPO Enco W51 ini menggunakan transmisi ganda latensi rendah. Tidak hanya itu Bluetooth 5.0 juga membawa peningkatan kemampuan anti gangguan sinyal, menyempurnakan stabilitas keluaran suara, dan mencegah gangguan yang timbul saat mendengarkan musik atau menonton video. Dan itu terbukti ketika menggunakan earphone ini, bisa bergerak bebas. Bahkan ketika dicoba mendengarkan musik yang diputar dari smartphone yang diletakkan di dalam kamar yang tertutup, bisa tetap terkoneksi dengan lancar di ruang lainnya yang berjarak hingga 5 meter.

earphone oppo enco W51 (4)

Untuk pengoperasian earphone ini hanya bisa dilakukan dengan cara sentuhan atau tap pada sisi atas bagian ‘ranting’. OPPO menyebutnya sebagai Intelligent Touch Controls, karena memang tidak ada tombol apapun yang disediakan. Caranya :
• Tap 2 kali pada earbud sebelah kanan untuk mengubah track lagu
• Tap 2 kali pada earbud sebelah kiri untuk on/off noise cancellation
• Tap 2 kali pada earbud sebelah kanan saat telepon masuuk, untuk menjawabnya
• Tap 3 kali untuk mengaktifkan fitur Voice Assistance

Audio Jernih, Detil, Ngebass Banget
Dilengkapi fitur peredam kebisingan sudah menjadi nilai plus tersendiri dari earphone OPPO Enco W51 ini. Sehingga tidak akan terganggu saat sedang menikmati audio yang didengar. Kepuasaan ini ditambah lagi dengan kualitas suara yang keluar dari earphone OPPO terbaru ini yang setara dengan kualitas audio profesional.

earphone oppo enco W51 (5)

Ketika menggunakan earphone OPPO ini untuk mendengarkan music via YouTube, terdengar suara lagu begitu detil. Mulai dari suara vocal yang jernih, suara berbagai alat musik yang terdengar dengan detil hingga suara dentuman bass yang begitu terasa.
Saat musik diputar, earphone ini dapat mereduksi kebisingan secara aktif kemudian berupaya untuk mengimbangi suara musik yang diputar. Enco W51 dilengkapi dengan algoritma yang meminimalisasi turunnya kualitas audio yang disebabkan oleh teknik pengurangan kebisingan. Ini memastikan performa audio yang bersih saat fitur pengurangan kebisingan diaktifkan.

OPPO Enco W51 dilengkapi dengan diafragma graphene komposit TPU ganda 7mm untuk memberikan respon audio yang lebih baik. Ditambah dengan dukungan AAC audio dengan definisi tinggi dan format audio SBC, W51 secara sempurna memenuhi ekspektasi tinggi pengguna akan kualitas audio.

Peredam Bising
Terkadang, ketika menggunakan earphone di telinga masih terganggu dengan suara luar, misalnya ketika saat berada di kereta atau kondisi lainnya. Biasanya yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan volume secara signifkan untuk mendengarkan musik atau panggilan telepon, yang berpotensi merusak pendengaran. Untuk mengatasi hal ini earphone OPPO Enco W51 sudah dilengkapi fitur active noise cancellation.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memutar lagu, bermain game, dan menyaksikan acara favorit mereka, bahkan melakukan panggilan telepon, dalam keadaan yang nyaris tanpa suara latar belakang pada lingkungan apapun. Earphone OPPO Enco W51 hadir dengan solusi pengurangan noise “2+2” yang mengkombinasikan chip digital noise reduction yang memiliki dual-core high-end processor dengan teknologi ganda ANC, memperluas spektrum frekuensi noise reduction menjadi 2.5 kHz. Enco W51 dilengkapi dengan pengurangan kebisingan maksimum yang terdepan di industry sebesar 35 dB.

earphone oppo enco W51 (1)

Selain itu, OPPO Enco W51 menggunakan solusi pengurangan kebisingan dengan kehadiran tiga mikrofon. Dikombinasikan dengan sebuah saluran udara yang dirancang untuk mengurangi kebisingan angin, pengguna dapat mendengar panggilan dengan jernih bahkan dalam kondisi kecepatan angin hingga 25 km / jam.

Tahan 24 Jam
Sama seperti earphone TWS lainnya, pengisian daya OPPO Enco W51 yaitu melalui kotak penyimpanannya. Tinggal letakkan ke dalamnya, lalu hubungkan dengan kabel USB Type-C yang sudah disediakan di paket pembelian. Begitu sudah terisi penuh,

Earphone nirkabel OPPO Enco W51 mendukung protokol pengisian nirkabel Qi sehingga pengguna dapat dengan mudah mengisi daya perangkat secara nirkabel. Pengisian daya selama 15 menit dapat menghasilkan daya tahan perangkat hingga hingga 3 jam. Jika dihitung termasuk kotak penyimpanan earphone, produk ini dapat memiliki daya tahan baterai total hingga 24 jam. W51 juga mendukung reverse charging, yang memungkinkan beberapa tipe ponsel untuk dapat mengisi kotak earphone secara nirkabel

Tahan Air dan Debu
Earphone OPPO Enco W51 ini juga cocok digunakan bagi kamu yang suka beraktivitas di outdoor. Misalnya saat melakukan olahraga lari sambil mendengarkan musik. Dan tidak perlu khawatir dengan kondisi cuaca, misalnya saat sedang hujan atau kondisi jalanan berdebu. Ini karena OPPO Enco W51 sudah mengantongi sertifikasi IP54 yang berarti memiliki kemampuan tahan debu dan air.

OPPO Enco W51 telah meluncur secara resmi di Indonesia. Pengguna dapat membeli perangkat ini di toko OPPO Official Store di berbagai situs e-commerce terkemuka di Indonesia atau outlet penjualan OPPO. OPPO Enco W51 dijual dengan harga Rp.1.299 juta. (edi)