Home Life Trend Fitur Fitur di Galaxy Z Fold3 5G yang Bikin Founder Brodo Semakin Kesengsem
Galaxy Z Fold3 5G

Fitur Fitur di Galaxy Z Fold3 5G yang Bikin Founder Brodo Semakin Kesengsem

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Kemarin Samsung Indonesia mengadakan workshop yang bertajuk “Unfold the New Trend of Productivity” dengan nara sumber Putera Dwi Karunia (founder Brodo) dan Dinda Puspitasari (fashion illustrator) untuk berbagi pengalaman mereka menggunakan Samsung Galaxy Z Fold3 5G.

Menariknya keduanya memiliki beberapa fitur favorit yang sangat membantu keduanya untuk menjalani rutinitas mereka. Lantas, bagaimana pengalaman yang dirasakan oleh mereka?

Bagi Putera Dwi Karunia, Galaxy Z Fold3 5G mampu membantunya menjalankan bisnis dan mengatur berbagai hal di dalamnya kapanpun dan dimanapun–baik itu saat di rumah, di kantor, maupun di tengah perjalanan–dengan lebih efisien.

Pasalnya, perangkat tersebut memberikan beragam opsi pengoperasian yang memungkinkannya untuk memanfaatkan berbagai platform dan aplikasi yang biasa ia gunakan dengan lebih efisien. Hal tersebut tidak terlepas dari form factor-nya yang fleksibel serta dukungan ekosistem Galaxy yang lengkap.

Baca juga: Bikin Konten Makin Gaya dengan Fitur Flex Mode Galaxy Z Flip3 5G

“Saya ngeliat Galaxy Z Fold3 5G ini bisa jadi tiga perangkat sekaligus. Pertama, pas masih tertutup, dia bisa dipakai sebagai smartphone biasa untuk penggunaan yang singkat seperti chatting dan browsing. Kedua, saat terbuka, ia otomatis jadi seperti tablet karena layar utamanya yang memang lapang. Ini enak banget untuk buka dokumen, presentasi, sampai spreadsheet bahkan dalam waktu yang lama, experiencenya nggak bisa saya dapetin di smartphone biasa. Ketiga, Samsung Galaxy Z Fold3 5G ini juga membuat multi-tasking semakin mudah dengan fitur multi-windownya. Pokoknya versatile banget dan sangat memudahkan saya untuk beralih dari satu urusan bisnis ke keperluan lainnya sesuai kebutuhan,” ujar pria yang akrab disapa Uta tersebut.

Lebih lanjut, Uta menunjukkan kekaguman tersendiri pada layar utama Galaxy Z Fold3 5G yang dibekali dengan berbagai fitur kekinian dan sangat bermanfaat, salah satunya Multi Window yang mampu menjalankan tiga aplikasi sekaligus secara simultan. Dengan Multi Window, ia bisa memeriksa presentasi sambil mencatat poin-poin penting di tengah panggilan video bersama para desainer sepatu Brodo.

Uta juga bisa upload file ke Google Drive sambil membaca email dan memeriksa konten media sosial dari Brodo, membuat Samsung Galaxy Z Fold3 5G lebih unggul dari smartphone kebanyakan yang harus menunggu proses upload selesai jika ingin menjalankan aplikasi lain dengan lancar. Selain itu, dukungan refresh rate 120Hz pun memberikan kenyamanan lebih saat ia scrolling-scrolling membaca berita, riset pasar terbaru, maupun laporan internal yang tak jarang cukup menyita waktu.

Dan yang tak kalah penting yaitu fitur App Pairs yang membantu Uta untuk dapat mengakses kombinasi aplikasi-aplikasi favoritnya secara cepat, seperti mengkombinasikan Power-point, dengan Samsung Notes dan Calculator, atau kombinasi antara Youtube, Samsung Notes, dan Documents memberikan pengalaman bekerja yang lebih enjoyable bagi Mas Uta. Fitur Drag and Split juga membantu Uta untuk dengan mudah mengakses link yang dikirimkan rekan kerja melalui whatsapp tanpa perlu me-minimize aplikasi Whatsapp, memberikan pengalaman multitasking yang tanpa interupsi.

Tidak hanya Founder Brodo saja, Dinda Puspitasari yang kesehariannya membuat ilustrator mengatakan,  Galaxy Z Fold3 5G sangat membantunya melalui tiap tahap di dalam proses kreatif dan penciptaan konten terkait pekerjaannya sebagai seorang fashion ilustrator.

Misalnya, saat ia ingin mengumpulkan inspirasi sebanyak-banyaknya, ia bisa menggunakan fitur Multi Window untuk menjelajahi Pinterest, menonton YouTube, serta mencatat atau membuat sketsa kasar dengan simultan. Keluaran atau ide-ide yang dihasilkan pun menjadi lebih terstruktur dan lebih mudah untuk dikembangkan hingga ke tahap final.

“Aku sering banget bekerja dengan berbagai deadline yang berdekatan, jadi aku harus bekerja dengan seefisien mungkin agar semua hasilnya maksimal. Di sini aku terbantu banget sama Galaxy Z Fold3 5G yang bagiku sudah seperti workstation. Untuk membuat draft pertama dari karya-karya yang akan aku buat, aku bisa mengandalkan S Pen untuk membuat sketsa-sketsa simple kapan pun dan di mana pun dengan nyaman, kemudian dibagikan dengan Shared Notebooks kepada tim. Samsung Galaxy Z Fold3 5G memiliki kemampuan untuk men-convert artwork yang dibuat ke bentuk PSD dengan resolusi tinggi mempermudah pekerjaan sehingga dapat diselesaikan dengan efisien dan tentunya memberikan rasa lega untuk lanjut mengerjakan karya-karya setelahnya,” tutur Dinda.

Sebagai fashion ilustrator, Dinda sangat senang bahwa Galaxy Z Fold3 5G memiliki S Pen. Baginya, kombinasi antara S Pen dan layar utama yang responsif memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih dalam melakukan sketching berkat pengalaman yang smooth layaknya menggambar menggunakan pensil dan kertas. Selain itu, S Pen juga membantunya untuk melakukan drag and drop dengan presisi hingga memilih warna satu ke yang lainnya dengan detail ketika membuat sketsa, membuat hasilnya menjadi lebih maksimal.

Dalam kondisi pandemi, koordinasi merupakan suatu hal yang penting. Dalam hal ini, fitur Shared Notebooks juga berguna bagi Dinda untuk membagikan hasil gambarnya kepada rekan tim untuk berkoordinasi secara seamless. Cukup dengan men-convert gambar, menaruhnya di Samsung Notes, dan membagikannya dengan contact yang didaftarkan, Dinda dapat melakukan revisi dan mencoret-coret untuk memberikan arahan-arahan spesifik kepada rekan timnya.

Tidak hanya membuat pengerjaan karya jadi lebih efisien, Galaxy Z Fold3 5G juga membuat Dinda menjalani berbagai aktivitasnya dengan lebih mudah berkat adanya fitur Flex Mode. Dengan fitur tersebut, Dinda bisa mengatur sudut lipatan dari Galaxy Z Fold3 5G dan meletakkannya di tempat dengan angle terbaik baginya untuk mengikuti konferensi video dengan lebih nyaman secara hands-free. H

al ini sangat berguna bagi Dinda karena ia sering melakukan konferensi video, baik itu untuk brainstorm bersama tim, mempresentasikan karyanya kepada klien, maupun menggelar workshop dan berbagi ilmu mengenai ilustrasi kepada khalayak luas.

Fitur Flex Mode membuat Dinda bisa bebas mengambil alat gambar atau referensi karya untuk menunjang penjelasannya. Galaxy Z Fold3 5G juga memudahkan Dinda untuk membuat tutorial menggambar bagi followers instagramnya, Dinda cukup mengganti aspect ratio Instagram dengan mengakses setting sehingga membuat tampilan di Instagram di Samsung Galaxy Z Fold3 5G lebih optimal.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 vs Galaxy Z Fold2: Apa Bedanya?

Sebagai ultimate foldable smartphone,  perangkat ini mampu memberikan kenyamanan lebih bagi Uta maupun Dinda dalam mendukung produktivitasnya. Uta dan Dinda bisa menjalankan aktivitas sepanjang hari dengan nyaman tanpa harus bolak-balik melakukan pengisian daya karena smartphone lipat ini memiliki baterai 4.400mAh yang dapat tahan seharian. Dengan begitu, baik Uta maupun Dinda tak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat harus mengikuti berbagai rangkaian meeting back to back sepanjang hari hingga menikmati hiburan di sela-sela kesibukannya untuk melepas penat.

Selain itu, Uta dan Dinda pun tak merasa khawatir akan keamanan data dan informasi yang disimpan di perangkat tersebut karena Galaxy Z Fold3 5G telah dibekali dengan Knox Security untuk perlindungan data yang aman. Ketahanan perangkat terhadap air berkat sertifikasi IPX8 serta semakin tangguhnya ia dalam menghadapi goresan dan guncangan berkat penggunaan material Armor Aluminum pada bagian rangka dan Gorilla Glass Victus pada back cover pun melengkapi kenyamanan Uta dan Dinda dalam menggunakan Galaxy Z Fold 3 di berbagai kesempatan.

Berita Lainnya

Leave a Comment