Home GadgetSmartphone Chip Battle: Snapdragon 730G vs Snapdragon 720G
Snapdragon 730G

Chip Battle: Snapdragon 730G vs Snapdragon 720G

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Ketika membicarakan tentang smartphone gim akan menjadi sangat sulit karena harus memiliki CPU dan GPU yang memadai. Gim seperti PUBG, Call of Duty Mobile, dan Fortnite semuanya membutuhkan spesifikasi yang khusus dibandingkan gim seperti Candy Crush.

Pembuat chip seperti Qualcomm membaca kebutuhan akan kekuatan pemrosesan ekstra ini, sehingga pabrikan chipset ini telah membuat chipset yang dirancang khusus untuk menangani permainan ini.

Baca juga : Kembali Jadi yang Pertama, realme 6 Pro Canggih dengan Snapdragon 720G

Untuk Qualcomm, chipset gaming-nya memiliki kode “G” di akhir namanya yang menunjukkan chipset tersebut telah memilih fitur Snapdragon Elite Gaming dan peningkatan grafis dibandingkan dengan prosesor standar.

Dua dari chipsetnya yang termasuk dalam kategori ini adalah Snapdragon 730G yang diumumkan pada bulan April 2019 dan yang terbaru Snapdragon 720G .

Snapdragon 730G mendukung cukup banyak ponsel seperti Samsung Galaxy A80 dan POCO X2 . Snapdragon 720G, di sisi lain, adalah chipset di dalam Realme 6 Pro , Redmi Note 9 Pro, dan Redmi Note 9 Pro Max.

Jadi, bagaimana kedua chipset ini dibandingkan satu sama lain? Mari kita cari tahu di bawah ini.

CPU

Kedua chipset dibangun pada node yang sama dan menampilkan inti prosesor yang sama. Snapdragon 720G memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi tetapi itu dari performa core-nya. Seharusnya tidak sekuat Kryo 470 di Snapdragon 730G, bukan? Salah. Hasil benchmark AnTuTu menunjukkan Snapdragon 720G sebenarnya lebih baik dalam hal kinerja daripada Snapdragon 730G.

Sumber gambar: TechPP.com

Pada gambar di atas, skor Snapdragon 720G total 103012 poin dibandingkan dengan Snapdragon 730G 96.779 poin sehubungan dengan kinerja CPU. Untuk Geekbench, skor Snapdragon 720G lebih tinggi dalam kinerja single-core tetapi skor hanya sedikit lebih rendah daripada Snapdragon 730G dalam kinerja multi-core.

Sumber gambar: TechPP.com

GPU 

Kedua prosesor memiliki GPU yang sama, tetapi Snapdragon 730G harus lebih baik karena Qualcomm mengatakan ia memiliki peningkatan 15% dibandingkan dengan GPU Snapdragon 730 yang menggunakan Adreno 618. Salah lagi. Sementara Qualcomm menolak untuk menyebutkan kecepatan clock GPU di ketiga SoC, hasil benchmark AnTuTu di atas menunjukkan bahwa GPU Snapdragon 720G sebenarnya memiliki skor sedikit lebih tinggi daripada Snapdragon 730G. Apakah ini berarti clocknya lebih tinggi? Itu sangat mungkin.

DSP 

DSP untuk Snapdragon 720G lebih tinggi dan dilengkapi dengan Qualcomm Sensing Hub baru yang ada di Snapdragon 865. Ini adalah peningkatan dari Always-Aware Hub dari Snapdragon 730G.

Snapdragon 730G mendukung tampilan dengan resolusi maksimum QHD+ dibandingkan dengan Snapdragon 720G yang hanya FHD+. Namun, itu bukan masalah besar karena ponsel dengan layar QHD+ pasti tidak akan memiliki prosesor seri Snapdragon 700.

Pada Snapdragon 730G juga mendukung 4K HDR10, tidak seperti Snapdragon 720G yang hanya mendukung HDR10.

Lainnya 

Snapdragon 720G juga menang di area lain. chip Ini memiliki Bluetooth 5.1, tidak seperti Snapdragon 730G yang memiliki Bluetooth 5.0.  Yang sedikit mengejutkan adalah bahwa chip ini hanya mendukung Quick Charge 4.0 sedangkan Snapdragon 730G mendukung Quick Charge 4+.

Baca juga : Qualcomm Luncurkan Snapdragon 720G, 662 dan 460, Apa Keunggulannya?

Kesimpulan

Snapdragon 720G jelas merupakan chipset yang lebih kuat di sektor CPU dan GPU. Namun, Snapdragon 730G juga tidak terlalu berbeda. Dalam penggunaan sehari-hari, kebanyakan orang tidak akan melihat perbedaan antara kedua prosesor.

Ketika smartphone yang ditenagai oleh salah satu dari chipset ini, apa yang sebenarnya akan menentukan apa yang Anda beli akan menjadi parameter lain seperti harga, kamera, dukungan perangkat lunak, kapasitas baterai, dan bahkan desain. Namun, kinerja tidak akan menjadi perbedaan besar.

 

 

 

Sumber : gizmochina

 

 

Berita Lainnya

Leave a Comment