Home Gadget ASUS Perkenalkan ZenBook 14 (UM425) Ditenagai Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series
ZenBook 14 (UM425)

ASUS Perkenalkan ZenBook 14 (UM425) Ditenagai Prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series

by infogadgets Indonesia

infogadgets, JakartaASUS kembali memperkenalkan seri ZenBook Classic di Indonesia. Adalah ZenBook 14 (UM425), yaitu laptop premium dengan desain ultra-tipis namun masih mengusung port lengkap. Kehadiran ZenBook 14 (UM425) melengkapi jajaran laptop ASUS yang mengusung prosesor Ryzen Mobile 4000 Series setelah sebelumnya diperkenalkan di jajaran laptop gaming ASUS.

“Misi utama ASUS adalah memberikan pengalaman penggunaan terbaik melalui teknologi terkini. Dengan hadirnya ZenBook 14 (UM425), konsumen Indonesia kini punya pilihan untuk memiliki laptop premium yang ditenagai prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia.

“Kombinasi antara ZenBook dengan prosesor 7nm terkini AMD menghasilkan sebuah laptop yang tidak hanya ringkas, ringan dan premium, tetapi juga memiliki performa kencang.”

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401), Resmi Rilis di Indonesia

Laptop ini yang dirancang agar penggunanya dapat lebih produktif di mana saja. Selain dilengkapi dengan spesifikasi terbaik di kelasnya serta fitur modern, ZenBook 14 (UM425) kini telah hadir dengan Microsoft Office Pre-Installed.

Laptop tipis ini menggunakan bahan aluminium alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodinya terlihat lebih mewah serta memiliki kesan premium yang kuat. Salah satu ciri khas ZenBook kembali hadir di ZenBook 14 (UM425), yaitu desain “Zen” yang melingkar pada bagian belakang layarnya. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus agar ZenBook 14 (UM425) tampil lebih indah.

Memiliki bodi sangat tipis dan ringkas. Ketebalannya hanya 14,3mm saja sehingga lebih leluasa untuk dibawa bepergian. Selain itu, juga sangat ringan. Karena menggunakan bodi berbahan aluminium alloy, tampil dengan bobot hanya 1,22Kg. Bepergian menggunakan ZenBook 14 (UM425) tidak akan membuat pundak Anda kesakitan dan tentunya Anda tidak perlu menggunakan tas laptop yang ukurannya besar.

ZenBook 14 (UM425) kembali dilengkapi degan 3D IR camera yang sudah mendukung fitur Windows Hello. Berkat kamera ini, Anda bisa masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Cukup biarkan ZenBook 14 (UM425) memindai wajah dan Anda akan diberikan akses untuk masuk ke dalam sistem. Windows Hello tidak hanya membuat proses login menjadi lebih mudah dan cepat, tetapi juga lebih aman. Kamera tersebut dipasang pada bezel atas layar yang sangat tipis. Bezel tipis yang haadir berkat teknologi NanoEdge Display di ZenBook 14 (UM425) memungkinkan laptop ini tampil dengan layar yang memiliki screen-to-body ratio hingga 90%.

ZenBook 14 (UM425) tidak hanya sekadar tampil mewah dan elegan. Laptop ini juga memiliki bodi yang sangat kokoh dan telah mendapatkan sertifikasi lolos uji standar militer AS (MIL-STD 810G). ZenBook 14 (UX425) terbukti telah lolos berbagai pengujian berstandar militer, mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.

Laptop ini didesain khusus dengan mengutamakan kenyamanan penggunanya. Untuk itulah ASUS menghadirkan fitur edge-to-edge keyboard. Fitur ini membuat keyboard dihadirkan hingga ke dua sisi bodinya. Artinya, memiliki format keyboard lebih luas dan tombol yang lebih besar. Berkat fitur ini, mengetik menjadi lebih nyaman.

Laptop dengan bodi super ringkas bukan berarti selalu hadir dengan jumlah serta jenis port yang terbatas dan ASUS telah membuktikannya. Hadir dengan port USB Type-A dan HDMI. Dengan demikian, Anda tetap bisa menggunakan aksesori yang masih menggunakan USB Type-A serta menghubungkannya ke monitor eksternal tanpa harus menggunakan USB dongle.

Sebagai laptop modern, tentu saja dilengkapi dengan port USB Type-C. Dua buah port tersebut hadir di laptop ini dan telah mendukung teknologi USB Power Delivery. Artinya, laptop ini dapat diisi dayanya melalui port USB Type-C.

Laptop ini telah dilengkapi dengan konektivitas wireles menggunakan WiFi 6 (802.11ax). WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. Terdapat juga Bluetooth 5.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai aksesori mulai dari headphone hingga mouse wireless.

Dapur pacu  ditenagai oleh prosesor hingga Ryzen 7 4700U yang memiliki konfigurasi 8 core, serta memiliki boost clock hingga 4,1GHz. Konfigurasi tersebut sangat pas untuk sebuah ultrabook memastikan performa kencang dan tidak boros daya. Jumlah core yang banyak juga memastikan bahwa laptop ini dapat digunakan untuk kegiatan multitasking. Dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi AMD Radeon Graphics.

Menemani prosesornya, dilengkapi juga dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe 3.0 x2 SSD berkapasitas 512GB. Penyimpanan tersebut tidak hanya sangat kencang sehingga dapat membuat waktu loading aplikasi serta booting semakin singkat, tetapi juga lebih tahan banting. Hal tersebut dikarenakan SSD tidak memiliki komponen bergerak dan bergantung sepenuhnya pada chip NAND Flash sehingga jauh lebih tahan banting ketimbang HDD.

Untuk memori, mengandalkan modul RAM LPDDR4X terbaru berkapasitas hingga 16GB. Kapasitas memori yang lebih lega serta lebih kencang dari LPDDR3X.

Baca juga : ASUS TUF Gaming A15 FA506, Laptop Gaming Pertama dengan NVIDIA GeForce GTX 1650T

Meski ringkas, kapasitas baterai mencapai 67Whr yang dapat bertahan hingga 16 jam. Salah satu alasan mengapa daya tahan baterai sangat panjang adalah berkat penggunaan komponen yang rendah daya seperti prosesor 7nm AMD Ryzen Mobile 4000 Series yang telah hadir dengan GPU terintegrasi yang sudah powerful untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

ZenBook 14 (UM425) juga mendukung teknologi USB Power Delivery. Teknologi ini memungkinkan pengisian daya baterai melalui port USB Type-C yang tersedia di laptop ini. Selain mempermudah proses pengisian daya, teknologi USB Power Delivery juga memungkinkan Anda menggunakan power bank untuk mengisi ulang daya baterai laptop ini. Berkat daya tahan baterai yang panjang, Anda tidak perlu lagi khawatir saat beraktivitas seharian.

Berita Lainnya

Leave a Comment