Home GadgetWearable Apple Watch 7 vs Samsung Galaxy Watch4: Perbandingan Spesifikasi
Samsung Galaxy Watch4

Apple Watch 7 vs Samsung Galaxy Watch4: Perbandingan Spesifikasi

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Apakah Anda memerlukan jam tangan pintar tercanggih? Jika iya, maka dua pilihan terbaik untuk Anda adalah Apple Watch 7 dan Samsung Galaxy Watch4. Mereka adalah jam tangan pintar kelas atas paling terkenal dari generasi terakhir dan hadir dengan fitur tercanggih yang dapat Anda harapkan pada perangkat yang dapat dikenakan pada tahun 2021. Namun apa perbedaan di antara keduanya dan mana yang terbaik? Kami akan mencoba memberi tahu Anda melalui perbandingan antara spesifikasi Apple Watch 7 dan Galaxy Watch4 dibawah ini.

Baca juga: Review Honor Band 6: Punya Layar Luas Harga Terjangkau

Samsung Galaxy Watch 4

Desain

Apakah Anda menginginkan jam tangan pintar yang semirip mungkin dengan jam tangan asli? Jika demikian, pilih Samsung Galaxy Watch4 tanpa berpikir dua kali. Muncul dengan bentuk bulat dan sangat minimal yang terlihat seperti jam tangan asli dan bahkan memiliki bezel yang dapat berputar sehingga Anda dapat menavigasi melalui antarmuka pengguna. Selain elegan dan bahkan lebih ringkas daripada Apple Watch 7, dan memiliki kualitas build yang hebat.

Galaxy Watch4 tahan air hingga kedalaman 50 meter dan memiliki sertifikasi militer (MIL-STD-810G) yang menunjukkan ketahanannya terhadap jatuh dan lainnya. Last but not least, perangkat bulat ini memiliki layar yang dilindungi oleh Gorilla Glass DX+ yang merupakan perlindungan Corning paling canggih untuk tampilan jam tangan pintar. Sebaiknya pilih Apple Watch 7 jika menginginkan smartwatch dengan tampilan lebih lebar yang lebih nyaman digunakan.

Faktor bentuk yang persegi dan layar yang lebih lebar adalah elemen yang lebih baik untuk bernavigasi melalui antarmuka pengguna. Selanjutnya, Apple Watch 7 memberikan kualitas build yang lebih baik karena dibuat dengan bahan yang lebih kokoh. Memang, ia memiliki bagian belakang kristal keramik/safir dan rangka baja tahan karat. Selain tahan air (50m), juga tahan debu dengan sertifikasi IP6X.

Layar

Layar paling canggih milik Apple Watch 7 Series. Ini adalah panel persegi panjang dengan diagonal 1,9 inci dan resolusi lebih tinggi daripada Galaxy Watch4 (484 x 396 piksel dan kerapatan piksel 326 ppi). Ini adalah layar OLED seperti Galaxy Watch4, tetapi menambahkan teknologi LTPO yang memungkinkan kecepatan refresh adaptif.

Kedua layar mendukung mode Always On Display dan layar sentuh alami, tetapi Samsung Galaxy Watch 4 juga dilengkapi dengan bezel yang dapat berputar. Kelebihan Samsung Galaxy Watch4 adalah diagonal yang lebih kecil membuat jam tangan lebih ringkas daripada Apple Watch 7, tetapi Apple Watch pasti dilengkapi dengan tampilan yang lebih baik.

Spesifikasi & Perangkat Lunak

Anda seharusnya tidak melihat perbedaan besar antara kinerja jam tangan pintar ini. Keduanya dilengkapi dengan prosesor kelas unggulan, tetapi Apple Watch 7 seharusnya memberikan kinerja yang lebih tinggi berkat optimalisasi sistem operasi yang lebih baik. Selanjutnya, Apple Watch 7 memiliki lebih banyak penyimpanan internal: 32GB, bukan hanya 16GB.

Galaxy Watch4 adalah jam tangan pintar Samsung pertama yang menjalankan Wear OS dan mendukung aplikasi Android, sedangkan Apple Watch 7 menjalankan watchOS yang saat ini merupakan sistem operasi paling canggih untuk perangkat yang dapat dipakai bersama watchOS. Jika Anda memiliki iPhone, maka perangkat lunak Apple Watch lebih baik untuk kebutuhan Anda, jika tidak, Wear OS lebih cocok.

Sensor dan konektivitas

Apple Watch 7 dan Samsung Galaxy Watch4 dilengkapi dengan banyak sensor. Samsung Galaxy Watch 4 menawarkan fitur asli seperti deteksi tekanan darah, tetapi ini tidak berarti bahwa ini adalah pelacak kebugaran dan pelacak kesehatan yang lebih baik.

Apple Watch 7 memiliki altimeter dan mampu melacak parameter VO2max. Dengan jam tangan pintar ini, Anda dapat melacak banyak parameter lain, lebih baik daripada jam tangan pintar lainnya. Mereka memiliki sensor EKG, sensor SpO2, sensor detak jantung, barometer, dan banyak lagi.

Mereka mendukung konektivitas WiFi dan Bluetooth, dan mereka bahkan dapat digunakan sebagai perangkat yang berdiri sendiri yang beroperasi secara independen dari smartphone berkat dukungan eSIM. Selanjutnya, mereka mendukung NFC untuk pembayaran di seluruh dunia.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Watch4: Punya Fitur Kesehatan Lengkap

Baterai

Dengan Apple Watch 7, Anda mendapatkan masa pakai baterai kurang dari satu hari. Dengan penggunaan normal, perangkat Apple bertahan sekitar 18 jam, sedangkan Galaxy Watch4 mampu bertahan hingga 40 jam dalam sekali pengisian daya. Kedua jam tangan mendukung pengisian nirkabel.

Harga

Apple Watch Series 7 mulai dari Rp 5,5 jutaan, sedangkan Galaxy Watch4 mulai dari Rp 3 jutaan. Apple Watch 7 memenangkan perbandingan ini karena sistem operasinya yang canggih, tampilan yang lebih baik, dan sensor yang luar biasa, tetapi Anda dapat menghemat banyak uang dengan Galaxy Watch4 yang merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda memiliki ponsel Android.

Berita Lainnya

Leave a Comment