Home News Alibaba dan Universal Beijing Resort Hadirkan Konsep Taman Digital
Universal Beijing Resort

Alibaba dan Universal Beijing Resort Hadirkan Konsep Taman Digital

by infogadgets Indonesia

infogadgets, Jakarta – Alibaba Group dan Universal Beijing Resort meluncurkan proyek taman wisata “masa depan”. Menggunakan teknologi yang inovatif dan digitalisasi, sistem operasional dari seluruh wahana Universal Resort di Beijing akan memberikan pengalaman berlibur yang mengesankan bagi para pengunjung.

Dengan dukungan Alibaba Business Operating System, Universal Beijing Resort – yang akan menjaditaman terbesar Universal di dunia – akan menjadi revolusi baru dalam industri hiburan dan taman wisata global.

Baca juga : Alibaba Cloud Gelar Kompetisi Khusus Startup

Brian Roberts, Chairman and Chief Executive Officer of Comcast Corporation, yang menaungi Universal Studio, mengatakan bahwa pengalaman di taman wisata ini tidak hanya mengandalkan wahana dan atraksi seru. Menghadirkan kemudahan dan suasana menyenangkan bagi para pengunjung agar mereka dapat menikmati waktu mereka bersama keluarga dan teman-teman mereka tidak kalah penting.

“Bersama  Alibaba, kami akan mewujudkannya. Kami percaya bahwa bersama, kami akan menghadirkan pengalaman taman wisata dengan level kecanggihan yang luar biasa.

Daniel Zhang, Executive Chairman and Chief Executive of Alibaba Group berharap kolaborasi ini dapat memberikan pengalaman yang lebih seru dan tidak dapat ditemukan di manapun di Tiongkok, bahkan di dunia.

“Kemitraan ini juga akan membuahkan solusi operasional management bagi industri dan menciptakan taman wisata digital pertama di dunia,” ujarnya.

Masa depan perdagangan terletak pada teknologi dan maha data (big data). Dua hal inilah yang juga akan menjadi pendorong serta peluang untuk tumbuh di seluruh lini industri dan bisnis.

Selain menggunakan Alibaba Operating System untuk mendigitalisasi sistem operasionalnya, sebagai taman wisata digital pertama di dunia, Universal Beijing Resort memanfaatkan ekosistem dan kecanggihan teknologi Alibaba untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung resor.

Pembelian Tiket dan Reservasi Online melalui Fliggy. Para pengunjung dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi hotel melalui toko resmi Universal Beijing Resort di platform Fliggy, agen perjalanan online besutan Alibaba.

Teknologi Facial Recognition dari Alipay. Menjunjung sistem bebas kertas (paperless), Universal Beijing Resort juga menyediakan teknologi facial-recognition Alipay di seluruh area resor. Mulai dari masuk ke taman wisata, loker penyimpanan, akses jalur ekspres, hingga pembayaran pembelian souvenir dan makanan, pengunjung hanya perlu menampilkan wajah pada alat pemindai untuk melunasi transaksi.

Pemesanan Makanan Secara Online. Salah satu hal paling menyebalkan ketika mengunjungi taman wisata adalah antrian pemesanan makanan yang terlalu lama. Namun, di Universal Beijing Resort, pengunjung tidak perlu mengantri lama-lama atau berkeliling mencari restoran di dalam area resor. Melalui aplikasi Koubei, para pengunjung akan mendapatkan informasi serta rekomendasi makanan dan minuman yang sesuai dengan selera mereka. Mereka lalu dapat melakukan pemesanan online untuk mempersingkat waktu antrian.

Pemasaran Digital melalui Tmall, Alimama, dan Youku. Tmall, platform belanja online utama Alibaba, akan menjadi sponsor e-commerce utama untuk memasarkan Universal Beijing Resort. Selain itu, fungsi pemasaran ini juga akan didukung oleh kerjasama antara platform pemasaran digital Alibaba, Alimama, dan platform video online Alibaba, Youku. Melalui kedua platform ini, para pengunjung bisa menonton berbagai program resor serta mengakses film-film dari Universal Studios pada area Universal Brand Zone.

Kenyamanan Wisata bersama Alipay Mini Apps. Untuk memberikan pengalaman dan kenyamanan terbaik bagi para pengunjung, Alibaba dan Universal Beijing mengembangkan berbagai fitur unik pada Alipay Mini Apps yang memberikan kemudahan bagi para pengunjung, seperti pembuatan jadwal perjalanan, pencarian lokasi parkir, serta hal-hal merepotkan lain yang lazim ditemukan pada saat berkunjung ke taman wisata.

Personalisasi Layanan. Universal Beijing Resort akan memanfaatkan teknologi mutakhir serta consumer insight dari Alibaba untuk memberikan layanan terpersonalisasi dengan mengkombinasikan fitur online, offline, serta digitalisasi dan infrastruktur teknologi dari Alibaba Cloud.

Menciptakan lingkungan yang lebih hijau. Universal Beijing Resort dan Alibaba juga akan melibatkan Ant Forest untuk bekerjasama mendorong gaya hidup rendah-karbon, seperti ticketless entry yang tidak hanya memudahkan pengunjung, tetapi juga akan mengurangi jejak karbon.

Baca juga : 7 Perkembangan dan Terobosan Baru dari Alibaba Group

 Inisiatif ini disambut baik oleh badan pariwisata Beijing Tourism Group. “Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Alibaba dalam mewujudkan smart cultural tourism dengan dukungan teknologi dan ekosistem digital yang menjadikan Universal Beijing Resort sebagai pionir baru dalam industri pariwisata,” jelas Duan Qiang, Party Secretary and Chairman of Beijing Tourism Group.

“Kami akan terus berupaya untuk menjadikan Universal Beijing sebagai pilar baru dalam pariwisata budaya Beijing, sekaligus berkontribusi dalam implementasi perencanaan dan konstruksi subsentral Beijing, serta mendorong pertumbuhan pariwisata di kota ini,” tutupnya.

Berita Lainnya

Leave a Comment